PSIKOLOGI PENDIDIKAN (Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan)


PSIKOLOGI PENDIDIKAN
(Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan)

RESUME BUKU
UNTUK MEMENUHI TUGAS AKHIR INDIVIDU MATAKULIAH
Pengantar Pendidikan
yang dibina oleh Bapak Drs. H. Kasimanuddin Ismain, Mpd
Oleh :
Yuliarti Kurnia Pramai Selli
(140731606196)



UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS ILMU SOSIAL
JURUSAN SEJARAH
PRODI S1 PENDIDIKAN SEJARAH
November 2014


KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, penulis dapat menyelesaikan tugas akhir individu matakuliah Pengantar Pendidikan dengan tugas meresume buku yang berjudul “Psikologi Pendidikan (Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan)”.
Penulis mengucapkan terimakasih kepada para pihak yang telah membantu dalam penyelesaian tugas meresume buku ini. Kepada Bapak Drs. H Kasimanuddin Ismain, Mpd selaku pembimbing, yang senantiasa memberikan pengarahan kepada penulis dalam penyelesaian tugas akhir individu ini.. Tidak lupa kepada teman-teman yang telah memberikan informasi dalam menyelesaikan tugas resume buku ini.
Penulis menyadari bahwa tugas resume buku yang dibuat masih belum sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran sangat berguna bagi penulis untuk penyempurnaan tugas akhir sindividu ini. Semoga tugas meresume buku ini berguna untuk menambah pengetahuan tentang psikologi pendidikan serta bermanfaat untuk kedepannya.


Malang, November 2014

Penulis


DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ....................................................................................... v
BAB I : PENTINGNYA PSIKOLOGI DALAM PENDIDIKAN ................. 1
1.      Pendidikan yang Diharapkan ................................................................... 2
2.      Psikologi dalam Pendidikan ..................................................................... 5
3.      Pokok-Pokok Pembahasan Psikologi Pendidikan .................................... 8
BAB II : SIFAT DAN HAKEKAT KEJIWAAN MANUSIA ........................ 10
1.      Kekuatan-Kekuatan Umum Jiwa Manusia .............................................. 11
2.      Aktivitas-Aktivitas Kejiwaan ................................................................... 16
a.       Pengamatan ........................................................................................ 16
b.      Tanggapan .......................................................................................... 23
c.       Fantasi ................................................................................................ 25
d.      Ingatan ................................................................................................ 26
e.       Pikiran ................................................................................................ 29
f.        Perhatian ............................................................................................ 32
g.      Perasaan ............................................................................................. 35
h.      Kemauan ............................................................................................ 37
BAB III : PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MANUSIA ........... 39
1.      Hal Pertumbuhan Pribadi Manusia .......................................................... 40
a.       Pengertian Pertumbuhan .................................................................... 40
b.      Peristiwa Pertumbuhan Pribadi Manusia ........................................... 41
c.       Hukum-Hukum yang Mengatur Pertumbuhan ................................... 46
d.      Aspek-Aspek yang Mempengaruhi Pertumbuhan ............................. 50
e.       Pertumbuhan Fisik yang Normal ....................................................... 51
2.      Hal Perkembangan Pribadi Manusia ........................................................ 54
a.       Pengertian Perkembangan .................................................................. 54
b.      Hukum-Hukum Perkembangan ......................................................... 56
c.       Tahap-Tahap Perkembangan Pribadi Manusia .................................. 60
BAB IV : HEREDITAS DAN LINGKUNGAN .............................................. 78
1.      Pengertian Hereditas ................................................................................ 78
2.      Pengertian Lingkungan ............................................................................ 80
3.      Pengaruh Hereditas dan Lingkungan terhadap Pertumbuhan Individu Manusia       81
a.       Penemuan dari Abbot Gregor Mendel (1857) ................................... 81
b.      Penemuan dari Prof. Thomas Hunt Morgan (1907) ........................... 83
c.       Proses Herediter dalam Pertumbuhan ................................................ 85
d.      Pengaruh Lingkungan terhadap Pertumbuhan ................................... 87
4.      Pengaruh Hereditas dan Lingkungan terhadap Perkembangan Individual ...................................................................................................................88
a.       Pewarisan Sifat Genius ...................................................................... 90
b.      Penelitian tentang Pertumbuhan Mental pada Kera dan Anak .......... 91
c.       Penelitian tentang Pertumbuhan Anak Kembar ................................. 92
d.      Sumbangan-Sumbangan yang Saling Berhubungan dari Hereditas dan Lingkungan terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Individu ....................................... 93
BAB V : TINJAUAN PSIKOLOGIS TENTANG BELAJAR ...................... 97
1.      Pengertian tentang Belajar ................................................................. 98
2.      Beberapa Aktivitas yang Termasuk Belajar ..................................... 100
a.       Gambaran tentang Set Belajar .................................................... 101
b.      Beberapa Aktivitas Belajar ......................................................... 102
3.      Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hal Belajar .............................. 107
a.       Faktor-Faktor Stimuli Belajar ........................................................... 108
b.      Faktor-Faktor Metode Belajar .......................................................... 110
BAB VI : TINJAUAN TEORITIS TENTANG BELAJAR .......................... 116
1.      Teori-Teori Belajar Psikologi Behavioristik .......................................... 116
a.       Teori-Teori yang Mengawali Perkembangan Psikologi Behavioristik    117
b.      Skinner’s Operant Conditioning ....................................................... 119
2.      Teori-Teori Belajar Psikologi Kognitif .................................................. 121
a.       Awal Pertumbuhan Teori-Teori Belajar Psikologi Kognitif ............ 121
b.      Teori Belajar “cognitive-field” dari Lewin ...................................... 122
c.       Teori Belajar “cognitive-development” dari Piaget ......................... 123
d.      Jerome Brumer dengan “Discovery Learning”nya ........................... 127
3.      Teori-Teori Belajar dari Psikologi Humanistik ...................................... 128
a.       Orientasi ............................................................................................ 128
b.      Awal timbulnya Psikologi Humanistik ............................................. 129
c.       Behaviorisme versus Humanistik ..................................................... 129
d.      Tokoh-Tokoh Humanistik ................................................................ 129
BAB VII : HAL-IKHWAL INTELEGENSI KITA ...................................... 133
1.      Pengertian Intelegensi ............................................................................. 133
2.      Teori-Teori tentang Intelegensi .............................................................. 135
a.       Teori “Uni-Factor” ............................................................................ 135
b.      Teori “Two-Factor” .......................................................................... 135
c.       Teori “Multi-Factor” ......................................................................... 136
d.      Teori “Primary-Mental Abilities” ..................................................... 136
e.       Teori Sampling ................................................................................. 137
3.      Beberapa Masalah yang Berhubungan dengan Intelegensi .................... 138
a.       Bagaimanakah Intelegensi itu Diukur .................................................... 138
b.      Apakah orang-orang dalam berbagai Kelas Sosial atau Kelompok Jabatan menunjukkan tingkat-tingkat Intelegensi yang berbeda ? ......................................................... 139
c.       Apakah tingkat-tingkat Intelegensi anak-anak berhubungan dengan tingkat-tingkat Intelegensi si orang tua mereka ? ............................................................................................ 142
d.      Seberapa jauh pendidikan dapat meningkatkan Intelegensi ? ................ 144
e.       Adakah klasifikasi tingkatan Kapasitas Intelektual dan Apakah yang menjadi Ketentuan Intelegensi “normal” ? ............................................................................................... 145
f.        Seberapa jauh Hereditas dapat menentukan batas-batas intelegensi seseorang ?      146
g.      Apakah kondisi tubuh yang jelek menghasilkan mental yang jelek pula ?    147
h.      Apakah penyakit yang diderita seseorang menghambat perkembangan mentalnya ?           147
i.        Apakah Intelegensi wanita itu lebih rendah, lebih tinggi, ataukah sama dengan Intelegensi kaum pria ? ................................................................................................................. 148
j.        Apakah perbedaan ras dan kebangsaan menentukan perbedaan Intelegensi ?           149
k.      Mengapa ilmu pengetahuan belum dapat menjelaskan secara tegas mengenai pewarisan Intelegensi ? ................................................................................................................. 149
l.        Berdasarkan Intelegensinya, apakah yang menentukan pilihan antara bayi A anak wanita pekerja harian dan bayi B anak wanita pengarang dan seorang dokter ? ............ 150
m.    Hal-ikhwal Lain mengenai Intelegensi ................................................... 151
BAB VIII : PENTINGNYA PENGENALAN TENTANG ANAK DIDIK DALAM PENDIDIKAN 165
1.      Apa Sebabnya Pengenalan tentang Anak Didik itu Penting ? ................ 165
2.      Apakah yang Harus Dikenal pada Diri Masing-Masing Anak Didik ? .. 166
a.       Hakekat Anak ................................................................................... 166
b.      Kebutuhan Pokok Anak .................................................................... 166
c.       Langkah-Langkah Perkembangan .................................................... 166
d.      Integrasi Pengalaman dalam Kepribadian ........................................ 166
3.      Perbedaan-Perbedaan Individual; Faktor-Faktor Kepribadian dan Motivasional      174
a.       “Self Concept” (Konsep Diri) ........................................................... 175
b.      “Locus of Control” ........................................................................... 176
c.       Kecemasan yang Dialami oleh Anak Didik ...................................... 177
d.      Motivasi Hasil Belajar ...................................................................... 178
BAB IX : “READINESS” DALAM HAL BELAJAR ................................... 180
1.      Pengertian dan Prinsip-Prinsip Pembentukan Readiness ....................... 180
2.      Kematangan sebagai Dasar daripada Pembentukan Readiness .............. 181
a.       Dasar-Dasar Biologis Tingkah Laku ................................................ 182
b.      Perubahan-Perubahan dalam Otak yang Menimbulkan Kematangan ....             184
3.      Lingkungan atau Kultur sebagai Penyumbang Pembentukan Readiness .....             186
BAB X : MOTIVASI BAGI BELAJAR MANUSIA ..................................... 188
1.      Kesadaran tentang Pentingnya Motivasi bagi Perubahan Tingkah Laku Manusia    188
2.      Masalah Motivasi Siswa dalam Belajar .................................................. 189
3.      Beberapa Pengertian Motivasi ................................................................ 189
a.       Contoh Ilustrasi ................................................................................. 189
b.      Motivasi Tersimpul dari Tingkah Laku ............................................ 190
c.       Kesimpulan-Kesimpulan Reliabel mengenai Motivasi .................... 191
d.      Salah Satu Definisi tentang Motivasi ............................................... 191
4.      Beberapa Pendapat tentang Motivasi ...................................................... 193
a.       James O. Whittaker tentang Motivasi ............................................... 193
b.      Pendapat Thorndike .......................................................................... 193
c.       Pendapat Guthrie .............................................................................. 193
d.      Pendapat Clifford T. Morgan ............................................................ 194
e.       Menurut Frederick J. Mc Donald ...................................................... 194
5.      Kupasan tentang Elemen-Elemen daripada Motivasi ............................. 194
a.       Elemen Dalam (“Intercomponent”) .................................................. 195
b.      Elemen Luar (“Outer Component”) .................................................. 195
c.       Tujuan dan “Motivated States” ......................................................... 195
d.      Pemenuhan Kebutuhan dan Reinforcement Tingkah Laku .............. 196
6.      Pembedaan tentang Motives, Needs, Drives .......................................... 196
a.       Definisi tentang Need ....................................................................... 197
b.      Bukti Eksperimental tentang Timbulnya Kebutuhan ....................... 197
c.       Definisi tentang Drive  ...................................................................... 198
d.      Needs dan Motives ........................................................................... 199
e.       Rangkuman ....................................................................................... 199
f.        Implikasi Motivasi dalam Belajar ..................................................... 200
BAB XI : PEMIKIRAN KE ARAH APLIKASI PSIKOLOGI BELAJAR .....             201
1.      Implikasi Teori-Teori Belajar dari Psikologi Belajar dari Psikologi Behavioristik   201
a.       Prosedur-Prosedur Pengembangan Tingkah Laku Baru ................... 201
b.      Prosedur-Prosedur Pengendalian atau Perbaikan Tingkah Laku ...... 203
c.       Langkah-Langkah Dasar Modifikasi Tingkah Laku ......................... 204
d.      Pengajaran Terprogram .................................................................... 205
e.       Program-Program Pengajaran Individual ......................................... 206
f.        Analisa Tugas ................................................................................... 207
g.      Suatu Pendekatan Belajar Tuntas ..................................................... 208
h.      Pemikiran tentang Model Belajar Mengajar ..................................... 209
2.      Implikasi Teori-Teori Belajar Psikologi Kognitif .................................. 210
a.       Psikologi Gestalt dalam Praktek ....................................................... 210
b.      Implikasi Teori Piaget untuk Pendidikan ......................................... 211
c.       Implikasi “dicovery learning” dari Bruner ....................................... 213
d.      Praktek Ausubel; “expository teaching” ........................................... 215
e.       Kesimpulan ....................................................................................... 217
f.        Pemikiran tentang Model Belajar Mengajar ..................................... 218
3.      Implikasi Teori Belajar Humanistik ....................................................... 218
a.       Guru sebagai Fasilitater .................................................................... 218
b.      Ciri-Ciri Humanistik mengenai Guru-Guru yang Kurang Baik ....... 220
c.       Guru yang Sejati ............................................................................... 221
d.      Aplikasi Psikologi Humanistik pada Pendidikan ............................. 222
DAFTAR KEPUSTAKAAN ............................................................................ 224

BAB I
IDENTITAS BUKU
A.    Nama buku : PSIKOLOGI PENDIDIKAN (Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan)
B.     Penulis buku : Drs. Wasty Soemanto
C.    Penerbit, kota, tahun : PT. BINA AKSARA, Jakarta, 1987
D.    Jumlah bab, halaman : 11, 224
E.     Warna cover buku : Putih

BAB II
RANGKUMAN DAN PEMBAHASAN
A.    Rangkuman
BAB I : PENTINGNYA PSIKOLOGI DALAM PENDIDIKAN
            Pada negara-negara yang sudah berkembang ataupun yang sudah mengalami stabilitas politik dan agama, pendidikan menjadi perhatian penting bagi masyarakat. Masyarakat mulai ramai memperdebatkan fungsi dan tujuan pendidikan.
            Tujuan pendidikan dasar adalah mempersiapkan generasi muda untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Akibat ramainya pembicaraan mengenai pendidikan umum, maka pendidikan kejuruan hampir tersisih dari percaturan pendidikan.
            Akhir-akhir ini pendidikan diarahkan untuk menanggulangi permasalahan putus sekolah, kenakalan anak-anak, pengangguran, dan dunia kerja. Beberapa negara termasuk Indonesia sudah mulai menekankan fungsi pendidikan formal sebagai tempat latihan serta persiapan tenaga kerja untuk memenuhi kebutuhan lapangan akan tenaga kerja.
            Sebetulnya, pendidikan kejuruan yang bagaimanapun baiknya belum merupakan satu-satunya jawaban atas berbagai masalah pendidikan. Berbagai faktor serta aspek penyelenggaraan pendidikan telah digarap oleh para ahli demi kemajuan pendidikan dan masyarakat. Buku ini akan menyajikan uraian yang berisikan pembahasan dalam segi tinjauan psikologis dalam rangka memajukan pengajaran.
1.      Pendidikan yang Diharapkan
Banyak pihak, baik itu masyarakat ataupun para generasi belajar akhirnya menjadi bingung atau kecewa setelah mereka mengamati atau mengecap dunia pendidikan kita.Dalam hal ini, sesungguhnya siapakah yang bersalah, pelayan pendidikan ataukah peminat pendidikan.
Hakikat kejiwaan manusia terwujud dengan adanya kekuatan-kekuatan serta aktivet-aktivet kejiwaan dalam diri manusia, yang semua itu menghasilkan tingkah laku yang lebih sempurna daripada makhluk-makhluk lain.
2.      Psikologi dalam Pendidikan
Semua pihak yang terlibat dalam proses pendidikan perlu mengarahkan perhatian kepada sifat dan hakikat anak didik, sehingga pelayanan pengajaran membuahkan pribadi-pribadi yang berkembang secara wajar dan efektif. Dalam hal ini penerapan psikologi terutama psikologi belajar memerlukan pemikiran yang mendalam, agar pelayanan atau perlakuan pendidik terhadap anak didik sesuai dengan sifat dan hakikat anak didik.
3.      Pokok-Pokok Pembahasan Psikologi Pendidikan
Psikologis dalam proses pendidikan adalah terletak pada anak didik, sebab pendidikan pada hakikatnya adalah pelayanan bagi anak didik. Agar pelayanan itu merubah tingkah laku anak didik ke arah perkembangan pribadi yang optimal, maka pelayanan itu hendaknya sesuai dengan sifat dan hakikat anak didik. Hal ini merupakan inti pembahasan dari psikologi pendidikan.
BAB II : SIFAT DAN HAKEKAT KEJIWAAN MANUSIA
1.      Kekuatan-Kekuatan Umum Jiwa Manusia
Plato (428-348 S.M) mengungkapkan, bahwa jiwa manusia terdiri atas tiga kekuatan, yaitu :
a.       Akal sebagai kekuatan terpenting dari jiwa manusia.
b.      Spirit sebagai kekuatan penggerak kehidupan pribadi manusia.
c.       Nafsu sebagai stimuli gerakan fisis dan kejiwaan dan merupakan kekuatan paling kongkrit dalam diri manusia.
Dalam usaha menerangkan hakikat manusia, John Locke (1632-1704) menekankan pembahasan tentang akal sebagai gudang dan pengembang pengetahuan. Menurut John Locke, ada dua kekuatan akal manusia, yaitu :
a.       Kekuatan berpikir yang disebut pengertian.
b.      Kekuatan kehendak yang disebut kemauan.
2.      Aktivitas-aktivitas Kejiwaan
Psikologi mempersoalkan tingkah laku manusia, baik yang teramati maupun tidak teramati. Para pendidik perlu memahami kekuatan-kekuatan jiwa manusia, maka merekapun perlu mengetahui hukum-hukum psikologis yang mendasari setiap aktivitas manusia yang dalam hal ini, yaitu anak didik. Pada uraian ini, akan dikemukakan beberapa aktivitas kejiwaan yang berhubungan dengan psikologi pendidikan saja.
a.      Pengamatan. (dalam hal ini pengamatan indera)
Organ-organ indera yang ada pada diri manusia disebut “modalitet pengamatan”. Pengamatan merupakan fungsi sensoris yang memungkinkan seseorang menangkap stimuli dari dunia nyata sebagai bahan yang teramati. Aspek-aspek pengaturan itu berupa sudut-sudut tinjauan sebagai berikut :
1.      Pengaturan menurut sudut tinjauan ruang.
2.      Pengaturan menurut sudut tinjauan waktu.
3.      Pengaturan menurut sudut tinjauan Gestalt.
4.      Pengaturan menurut sudut tinjauan arti.
b.      Tanggapan.
Tanggapan didefinisikan sebagai bayangan yang menjadi kesan yang dihasilkan dari pengamatan. Ada tiga macam tanggapan, yaitu :
1)      Tanggapan masa lampau yang sering disebut sebagai tanggapan ingatan.
2)      Tanggapan masa sekarang yang dapat disebut sebagai tanggapan imaginatif.
3)      Tanggapan masa mendatang yang dapat disebut sebagai tanggapan intisipasif.
Tanggapan yang lemah adalah secara statis diam, sedangkan tanggapan yang kuat adalah lebih besar kecenderungannya untuk muncul kembali ke alam kesadaran. Tanggapan yang muncul ke alam kesadaran mendapat dukungan atau mungkin juga rintangan dari tanggapan lain.
Oleh karena begitu pentingnya peranan tanggapan bagi tingkahlaku, maka pendidikan hendaknya mampu mengembangkan dan mengontrol tanggapan-tanggapan yang ada pada anak didik, sehingga dengan demikian akan berkembang suatu kondisi motivatif bagi perbuatan belajar anak didik.
c.       Fantasi.
Dapat dibedakan atas :
1)      Fantasi sengaja atau yang didasari.
Fantasi sengaja ini dapat dibagi lagi menjadi dua macam, yaitu :
a)      Fantasi sengaja secara pasif.
b)      Fantasi sengaja secara aktif.
Baik fantasi sengaja maupun fantasi tak sengaja, keduanya dapat bersifat mengabstraksikan, mendeterminasikan, ataupun mengombinasikan. Maka, pendidikan hendaknya berusaha mengembangkan fantasi anak didik secara sehat, misalnya melalui kegiatan-kegiatan ekspresif.
d.      Ingatan.
Fungsi ingatan meliputi tiga aktivitet, yaitu :
1)      Mencamkan, yaitu menangkap atau menerima kesan-kesan.
2)      Menyimpang kesan-kesan.
3)      Memproduksi kesan-kesan.
Sifat-sifat daripada ingatan yang baik adalah : cepat, setia, kuat, luas, dan siap. Usaha memperjelas struktur bahan dapat dilakukan misalnya dengan jalan membuat ikhtisar, rangkuman, singkatan, penggolongan secara ritme (untuk nada suara), penggolongan secara katagoris yang bermakna (untuk bilangan dan perhitungan matematis). Retensi menunjukkan hal mengingat dan lupa yang keduanya hanya merupakan sudut tinjauan yang berbeda tentang sesuatu yang satu. Untuk itu, subyek hendaknya mampu membagi dan memanfaatkan waktu dengan baik.
Pendidikan hendaknya memperhatikan kemungkinan serta kondisi ingatan anak didik. Bahwa, masing-masing individu adalah unik, maka daya ingatan masing-masing anak didikpun berbeda-beda, dan pendidik hendaknya menyadari hal ini dengan penerapan metode belajar-mengajar yang tepat, pembagian waktu belajar yang tepat, serta penciptaan kondisi-kondisi belajar yang menunjang.
e.       Pikiran
Pikiran diartikan sebagai kondisi letak hubungan antar bagian pengetahuan yang telah ada dalam diri yang dikontrol oleh akal. Berpikir merupakan proses yang dinamis yang menempuh tiga langkah berpikir, yaitu :
1)      Pembentukan pengertian.
2)      Pembentukan pendapat.
Dapat dirumuskan secara verbal berupa :
-          Pendapat menolak.
-          Pendapat menerima/ mengiyakan.
-          Pendapat asumtif.
3)      Pembentukan keputusan.
Dapat dibedakan atas :
-          Keputusan Induktif.
-          Keputusan Deduktif.
-          Keputusan Analogis.
Setiap keputusan yang kita ambil merupakan hasil pekerjaan akal melalui pikiran. Pendidikan hendaknya memberikan bimbingan sebaik-baiknya bagi perkembangan akal anak didik. Hal ini memerlukan bimbingan yang tepat dan kontinyu terhadap cara bekerjanya akal anak didik.
f.        Perhatian.
Ditinjau dari segi kepentingan pendidikan dan belajar, pemilihan jenis perhatian yang efektif untuk memperoleh pengalaman belajar adalah hal yang penting bagi subyek yang belajar.
Salah satu usaha untuk membimbing perhatian anak didik, yaitu melalui pemberian rangsang atau stimuli yang menarik perhatian anak didik. Usaha-usaha lainnya yang dapat dilakukan dalam membimbimg perhatian anak didik, yaitu penggunaan metode penyajian pelajaran yang dapat diterima oleh anak didik. Macam-macam perhatian yang tepat dilakukan dalam belajar, yaitu :
1)      Perhatian intensif.
2)      Perhatian yang disengaja.
3)      Perhatian spontan.
g.      Perasaan.
Perasaan itu bersifat subyektif karena lebih banyak dipengaruhi oleh keadaan diri. Perasaan pada umumnya bersangkutan dengan fungsi mengenal, artinya perasaan dapat timbul karena mengamati, menanggap, membayangkan, mengingat, atau memikirkan sesuatu. Perasaan juga berhubungan dengan keadaan dan peristiwa jasmaniah.
Jenis-jenis perasaan :
1)      Perasaan-perasaan jasmaniah.
2)      Perasaan-perasaan rohaniah.
Perasaan banyak mendasari dan juga mendorong tingkahlaku manusia. Perasaan-perasaan anak didik hendaknya dikembangkan secara selaras (dalam hubungannya dengan situasi belajar-mengajar), serta seimbang (dalam hubungannya dengan perkembangan pribadi anak didik).
Keadaan emosi yang stabil ataupun goncang mempengaruhi perasaan. Pendidikan hendaknya mengenal serta mengusahakan stabilitet emosi anak didik. Perasaan anak dapat diwujudkan dalam bentuk ekspresi.
h.      Kemauan.
Kemauan diartikan sebagai kekuatan untuk memilih dan merealisir suatu tujuan. Kuat atau lemahnya kemauan seseorang dilatarbelakangi oleh pengalaman atau hasil belajarnya. Maka, pendidikan mempunyai peran penting dalam mengendalikan kemauan anak didik untuk belajar lebih lanjut. Untuk itu, pendidikan hendaknya mampu memberikan pengalaman belajar sedemikian rupa, sehingga pengalaman itu memperkuat kemauan anak didik untuk belajar lebih lanjut.
BAB III : PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MANUSIA
Istilah-istilah “pertumbuhan” dan “perkembangan” sering digunakan orang secara “interchangeably”, artinya kedua istilah itu dipakai secara silih berganti dengan maksud yang sama.
1.      Hal Pertumbuhan Pribadi Manusia
a.      Pengertian pertumbuhan.
Ada dua bagian kondisional pribadi manusia itu meliputi :
1)      Bagian pribadi material yang kuantitatif.
2)      Bagian pribadi fungsional yang kualitatif.
Bagian pribadi material yang kuantitatif mengalami pertumbuhan, sedangkan bagian pribadi fungsional yang kualitatif mengalami perkembangan. Pertumbuhan dapat diartikan sebagai perubahan kuantitatif pada material sesuatu sebagai akibat dari adanya pengaruh lingkungan. Arti pertumbuhan pribadi sebagai perubahan kuantitatif pada material pribadi sebagai akibat dari adanya pengaruh lingkungan.
b.      Peristiwa pertumbuhan pribadi manusia.
Pertumbuhan pada masing-masing individu dalam segi proses terdapat hal umum yang sama, tetapi dalam hal-hal yang khusus belum tentu sama. Pertumbuhan berlanjut terus dengan adanya proses “division” dan “redivision” (pembagian sel dan pembagian/ pembelahan kembali pada sel-sel).
Kesamaan material herediter dapat melahirkan individu-individu yang berbeda dalam penampakan pisis. Pertumbuhan terjadi secara fisiologis terhadap material kehidupan. Pertumbuhan material ternyata tidak hanya kuantitatif, tetapi juga kualitatif.
c.       Hukum-hukum yang mengatur pertumbuhan.
Hukum-hukum berikut ini kiranya menambah pengetahuan kita tentang latar belakang keunikan pribadi manusia, yang sebab-sebab keunikan setiap individu adanya latar belakang proses pertumbuhannya, yaitu :
1)      Pertumbuhan adalah kuantitatif serta kualitatif.
2)      Pertumbuhan merupakan suatu proses yang berkesinambungan dan teratur.
3)      Tempo pertumbuhan adalah tidak sama.
4)      Taraf perkembangan berbagai aspek pertumbuhan adalah berbeda-beda.
5)      Kecepatan serta pola pertumbuhan dapat dimodifikasi oleh kondisi-kondisi di dalam dan di luar badan.
6)      Masing-masing individu tumbuh menurut caranya sendiri yang unik.
7)      Pertumbuhan adalah kompleks, dan semua aspeknya saling berhubungan.

d.      Aspek-aspek yang mempengaruhi pertumbuhan.
Pertumbuhan yang menyangkut perubahan material dan struktur fisiologis, sangat dipengaruhi oleh aspek-aspek tertentu yang mana aspek-aspek itu sendiri saling berhubungan. Aspek-aspek tersebut meliputi :
1)      Anak sebagai keseluruhan.
2)      Umur mental anak mempengaruhi pertumbuhannya.
3)      Permasalahan tingkah laku sering berhubungan dengan pola-pola pertumbuhan.
4)      Penyesuaian pribadi dan sosial mencerminkan dinamika pertumbuhan.
e.       Pertumbuhan fisik yang normal
Pertumbuhan fisik berhubungan dengan perubahan tubuh. Pertumbuhan tidak selalu diikuti dengan perkembangan. Pertumbuhan manusia dimulai dalam kandungan ketika bertemunya dua sel “germ”, masing-masing adalah sperma dari pria dan ovum dari wanita.
Dalam pertumbuhan meliputi pertumbuhan kelenjar, pertumbuhan badan pada umumnya, pertumbuhan sistem syaraf, dan pertumbuhan seksual. Mengenai tinggi badan anak dapat ditafsirkan.
2.      Hal Perkembangan Pribadi Manusia
a.      Pengertian perkembangan.
Perkembangan merupakan suatu perubahan, dan perubahan ini tidak bersifat kuantitatif, melainkan kualitatif. Dengan demikian, kita boleh merumuskan pengertian perkembangan pribadi sebagai perubahan kualitatif daripada setiap fungsi kepribadian akibat dari pertumbuhan dan belajar.
Fungsi-fungsi kepribadian manusia berhubungan dengan aspek jasmaniah dan aspek kejiwaan. Setiap fungsi yang disebutkan di atas, baik yang jasmaniah maupun yang kejiwaan, dapat mengalami perubahan.
b.      Hukum-hukum perkembangan.
Hukum-hukum perkembangan antara lain :
1)      Perkembangan adalah kualitatif.
Perkembangan tidak mengenai materi, melainkan mengenai fungsi.
2)      Perkembangan sangat dipengaruhi oleh proses dan hasil daripada belajar.
Dengan belajar, orang memperoleh pengalaman. Perkembangan pengetahuan, ketrampilan dan sikap seseorang ini akan menentukan tingkat kedewasaan seseorang.
3)      Usia ikut mempengaruhi perkembangan.
Dengan bertambahnya usia, maka pertumbuhan seseorang berlangsung terus menuju kepada tingkat kematangan-kematangan tertentu pada fungsi-fungsi jasmaniah.
4)      Masing-masing individu mempunyai tempo perkembangan yang berbeda-beda.
Dalam keadaan normal, perkembangan seseorang berlangsung dalam tempo tertentu yang tidak mesti sama bila dibandingkan dengan tempo perkembangan orang lain.
5)      Dalam keseluruhan periode perkembangan, setiap spesies perkembangan individu mengikuti pola umum yang sama.
Setiap individu berkembang dengan mengikuti pola umum yang sama, karena masing-masing individu memiliki material serta fungsi-fungsi yang sama untuk bertumbuh.
6)      Perkembangan dipengaruhi oleh hereditas dan lingkungan.
Faktor hereditas dan lingkungan sama-sama penting bagi perkembangan individu. Kenyataan ini mengharuskan pendidikan melakukan usaha-usaha :
a)      Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.
b)      Memotivasi kegiatan anak untuk belajar.
c)      Membimbing perkembangan anak ke arah perkembangan optimal.
7)      Perkembangan yang lambat dapat dipercepat.
Perkembangan seseorang dikatakan terlambat apabila pribadinya tidak berkembang sesuai dengan pola perkembangannya sendiri yang normal.
8)      Perkembangan meliputi proses individuasi dan integrasi.
Meskipun pola tingkah laku individu pada mulanya bersifat umum, namun dengan majunya pertumbuhan terjadilah perkembangan masing-masing fungsi yang tidak bersamaan. Perkembangan juga merupakan proses intergrasi.
c.       Tahap-tahap perkembangan pribadi manusia.
1)      Tahap-tahap perkembangan fisiologis.
Perkembangan fisiologis merupakan perubahan kualitatif terhadap struktur dan fungsi-fungsi fisiologis. Menurut Sigmund Freud, kehidupan pribadi manusia pada dasarnya adalah “libido seksualis”, mengemukakan pendapat bahwa pribadi manusia mengalami perkembangan dengan dinamika yang tidak stabil sejak manusia dilahirkan sampai usia 20 tahun.
2)      Tahap-tahap perkembangan psikologis.
Perkembangan psikologis pribadi manusia dimulai sejak masa bayi hingga masa dewasa.
3)      Tahap-tahap perkembangan secara pedagogis.   
Tahap-tahap perkembangan pribadi manusia secara pedagogis dapat dikemukakan disini menurut dua sudut tinjauan, yaitu dari sudut tinjauan teknis umum penyelenggaraan pendidikan dan dari sudut tinjauan teknis khusus perlakuan pendidikan.
BAB IV : HEREDITAS DAN LINGKUNGAN
1.      Pengertian Hereditas.
Hereditas diartikan sebagai pewarisan atau pemindahan biologis karakteristik individu dari pihak orang tuanya. Hereditas pada individu berupa warisan “specific genes” yang berasal dari kedua orang tuanya. Jadi, dasar herediter daripada perbedaan individual adalah adanya kombinasi-kombinasi “genes” yang mengakibatkan adanya perubahan-perubahan sifat “genes”.
2.      Pengertian Lingkungan.
Lingkungan sebenarnya mencakup segala material dan stimuli di dalam dan di luar diri individu, baik yang bersifat fisiologis, psikologis, maupun sosial-kultural. Dengan diperluasnya konsep tentang lingkungan ini, maka orangpun semakin mengalami kesulitan dalam membedakan antara konsep lingkungan dengan konsep hereditas.
3.      Pengaruh Hereditas dan Lingkungan Terhadap Pertumbuhan Individu Manusia.
Beberapa hasil penelitian oleh beberapa ahli biologi tentang pengaruh hereditas terhadap pertumbuhan individu manusia :
a.      Penemuan dari Abbot Gregor Mendel (1857)
Setiap hasil pengamatan direkan oleh Mendel serta dianalisa dengan menghasilkan kesimpulan yang terkenal dengan sebutan “Hukum Mendel”. Dunia ilmiah tidak menaruh perhatian terhadap jasa Mendel ini. Hal ini disebabkan karena pada saat itu manusia sedang dimabuk oleh teori Evolusi Darwin.
a.      Penemuan dari Prof. Thomas Hunt Morgan (1907)
Berdasarkan pengamatan Prof. Morgan terhadap pertumbuhan lalatnya, diperoleh kesan bahwa hukum Mendel memang berlaku dalam kasus pertumbuhan lalat tersebut, akan tetapi mekanisme hereditas yang terjadi tidaklah sesederhana apa yang telah dikemukakan oleh Mendel.
b.      Proses herediter dalam pertumbuhan
Mengenai proses umum herediter ini telah banyak disinggung di dalam uraian-uraian terdahulu. Kita tidak dapat menemukan kesamaan hereditas pada manusia bersaudara kembar sekalipun.
Ada dua macam anak kembar, masing-masing yaitu :
1)      Fraternal twins.
2)      Indentical twins.
c.       Pengaruh lingkungan terhadap pertumbuhan
Tidak semua perubahan yang terjadi pada sel-sel tubuh kita adalah semata-mata sebagai mekanisme hereditas. Lingkungan sangat besar artinya bagi setiap pertumbuhan fisik.
Semua jenis tingkah laku dipengaruhi, baik oleh hereditas maupun lingkungan. Antara hereditas dan lingkungan terjadi hubungan atau interaksi. Menurut pandangan ini, hereditas dan lingkungan sama-sama menyumbang bagi pertumbuhan dan perkembangan fisiologis dan bahkan juga tingkah laku individu secara “jointly”.
b.      Pengaruh Hereditas dan Lingkungan terhadap Perkembangan Individual.
Setiap perkembangan pribadi seseorang merupakan hasil interaksi antara hereditas dan lingkungan. Menurut kebanyakan ahli jiwa, intelegensi termasuk kapasitas yang diwariskan. Individu dan perkembangannya adalah produk dari hereditas dan lingkungan.
Sifat-sifat yang herediter sangat sukar dirubah, meskipun pada generasi-generasi berikutnya diadakan modifikasi intensif. Sedangkan sifat-sifat yang tumbuh akibat pengaruh lingkungan lingkungan relatif lebih mudah untuk diubah melalui perbaikan-perbaikan pendidikan, sosial, dan politik. Berikut proporsi pengaruh antara hereditas dan lingkungan terhadap perkembangan pribadi manusia, yaitu :
a.       Pewarisan sifat genius.
b.      Penelitian tentang pertumbuhan anak kembar.
c.       Sumbangan-sumbangan yang saling berhubungan dari hereditas dan lingkungan terhadap pertumbuhan dan perkembangan individu.
BAB V : TINJAUAN PSIKOLOGIS TENTANG BELAJAR
Manusia yang ingin mempertahankan hidupnya, ia harus bertumbuh. Apabila manusia hidup tidak berusaha untuk mengadakan perubahan-perubahan kualitatif terhadap fungsi-fungsi pribadinya, maka ia akan layu sebelum berkembang. Usaha kita agar kita senantiasa bertumbuh dan berkembang, yaitu kita harus belajar.
1.      Pengertian tentang Belajar.
Banyak orang yang beranggapan, bahwa yang dimaksud dengan belajar adalah mencari ilmu atau menuntut ilmu. Perbedaan pendapat orang tentang arti belajar itu disebabkan karena adanya kenyataan, bahwa perbuatan belajar itu sendiri bermacam-macam. Dengan kenyataan diatas, terdapatlah banyak definisi belajar.
Belajar merupakan proses dasar daripada perkembangan hidup manusia. Proses belajar itu berbeda dengan proses kematangan. Kematangan adalah proses dimana tingkah laku dimodifikasi sebagai akibat dari pertumbuhan dan perkembangan struktur serta fungsi-fungsi jasmani. Apa yang dikerjakan akan sangat tergantung kepada kebutuhan dan motivasinya. Dengan demikian, belajar itu berorientasi kepada tujuan si belajar.
2.      Beberapa Aktivitas yang Termasuk Belajar.
Belajar terarah kepada suatu tujuan. Untuk mencapai suatu tujuan itu orang harus menentukan set belajar. Dengan set belajar yang ditemukan, orang memilih berbagai alternatif tindakan, barulah orang melaksanakan berbagai aktivitas untuk mencapai suatu tujuan.
a.      Gambaran tentang set belajar.
Suatu set adalah arah atau sikap terhadap pekerjaan. Manfaat daripada set belajar adalah membuat si pelajar mempunyai kepekaan terhadap ketepatan berbagai alternatif tindakan mencapai tujuan.
Dalam setiap saat, kita memerlukan suatu set kegiatan untuk mempermudah atau mempercepat pekerjaan mencapai tujuan. Sukalah bertanya kepada diri sendiri serta mempelajari subyek kita untuk memperoleh jawabannya. Set belajar adalah arah perhatian dalam interaksi bertujuan.
b.      Beberapa aktivitas belajar.
Tindakan-tindakan untuk mencapai tujuan sangat dipengaruhi oleh situasi. Situasi ini ikut menentukan set belajar yang dipilih. Beberapa contoh aktivitas belajar dalam beberapa situasi, yaitu :
1)      Mendengarkan.
2)      Memandang.
3)      Meraba, membau, dan mencicipi/ mencecap.
4)      Menulis atau mencatat.
5)      Membaca.
6)      Membuat ikhtisar atau ringkasan, dan menggaris bawahi.
7)      Mengamati tabel-tabel, diagram-diagram, dan bagan-bagan.
8)      Menyusun paper atau kertas kerja.
9)      Mengingat.
10)  Berpikir.
11)  Latihan atau praktek.
3.      Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hal Belajar.
Faktor yang mempengaruhi belajar ada dua, yaitu :
a.      Faktor-faktor stimuli belajar.
Yaitu, segala hal di luar individu yang merangsang individu itu untuk mengadakan reaksi atau perbuatan belajar. Berikut yang berhubungan dengan faktor-faktor stimuli belajar :
1)      Panjangnya bahan pelajaran.
2)      Kesulitan bahan pelajaran.
3)      Berartinya bahan pelajaran.
4)      Berat-ringannya tugas.
5)      Suasana lingkungan eksternal.

b.      Faktor-faktor metode belajar.
Metode mengajar yang dipakai oleh guru sangat mempengaruhi metode belajar yang dipakai oleh pelajar. Faktor ini menyangkut hal-hal berikut :
1)      Kegiatan berlatih atau praktek.
Kegiatan berlatih dapat diberikan dalam dosis besar ataupun dosis kecil.
2)      “Overlearning” dan “drill”.
“Overlearning” dilakukan untuk mengurangi kelupaan dalam mengingat ketrampilan-ketrampilan yang pernah dipelajari, tetapi dalam sementara waktu tidak dipraktekkan.
3)      Resitasi selama belajar.
Kombinasi kegiatan membaca dengan resitasi sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan membaca maupun menghafalkan bahan pelajaran. Resitasi lebih cocok untuk diterapkan pada belajar membaca atau belajar hafalan.
4)      Pengenalan tentang hasil-hasil belajar.
Pengenalan seseorang terhadap hasil atau kemajuan belajarnya adalah penting. Dengan mengetahui hasil-hasil yang sudah dicapai, seseorang akan lebih berusaha meningkatkan hasil belajar selanjutnya.
5)      Belajar dengan keseluruhan dan dengan bagian-bagian.
Belajar mulai dari keseluruhan ke bagian-bagian adalah lebih menguntungkan daripada belajar mulai dari bagian-bagian. Kelemahan dari metode keseluruhan adalah membutuhkan banyak waktu dan pemikiran sebelum belajar yang sesungguhnya berlangsung.
6)      Penggunaan modalitet indera.
Modalitet indera yang dipakai oleh masing-masing individu dalam belajar tidak sama. Ada tiga impresi yang penting dalam belajar, yaitu : oral, visual, dan kinestetik.
7)      Penggunaan set dalam belajar.
Arah perhatian seseorang sangat penting bagi belajarnya. Belajar tanpa set adalah kurang efektif. Mengenai hal ini sudah dikemukakan pada bahasan terdahulu.
8)      Bimbingan dalam belajar.
Bimbingan dapat diberikan dalam batas-batas yang diperlukan oleh individu. Hal yang penting, yaitu perlunya pemberian modal kecakapan pada individu.
9)      Kondisi-kondisi insentif.
Insentif adalah berbeda dengan motivasi. Insentif adalah obyek atau situasi eksternal yang dapat memenuhi motif individu. Insentif-insentif diklasifikasikan menjadi dua macam, yaitu :
a.       Insentif intrinsik.
b.      Insentif ekstrinsik.
Dari dua macam insentif itu, yang lebih memajukan belajar individu adalah insentif yang intrinsik.
c.       Faktor-faktor individual.
Faktor-faktor individual sangat besar pengaruhnya terhadap belajar seseorang. Faktor-faktor individual itu menyangkut hal-hal berikut :
1)      Kematangan.
2)      Faktor usia kronologis.
3)      Faktor perbedaan jenis kelamin.
4)      Pengalaman sebelumnya.
5)      Kapasitas mental.
6)      Kondisi kesehatan jasmani.
7)      Kondisi kesehatan rohani.
8)      Motivasi.


BAB VI : TINJAUAN TEORITIS TENTANG BELAJAR
Teori belajar selalu bertolak dari sudut pandangan psikologi belajar tertentu. Di dalam masa perkembangan psikologi pendidikan, muncullah secara beruntun beberapa aliran psikologi pendidikan, masing-masing yaitu :
-          Psikologi behavioristik.
-          Psikologi kognitif.
-          Psikologi humanistik.
Dalam setiap periode perkembangan aliran psikologi tersebut bermunculan teori-teori tentang belajar, yaitu :
1.      Teori-teori Belajar Psikologi Behavioristik
Beberapa teori belajar dikemukakan oleh para psikolog behavioristik. Mereka berpendapat, bahwa tingkah laku manusia itu dikendalikan oleh ganjaran (“reward”) atau penguatan (“reinforcement”) dari lingkungan.
Guru-guru berpendapat, bahwa tingkah laku murid-murid merupakn reaksi-reaksi terhadap lingkungan mereka pada masa lalu dan masa sekarang, dan bahwa segenap tingkah laku adalah merupakan hasil belajar.
a.      Teori-teori yang mengawali perkembangan psikologi behavioristik.
Psikologi behavioristik mulai mengalami perkembangan dengan lahirnya teori-teori tentang belajar yang dipelopori oleh Thorndike, Pavlov, Watson, dan Guthrie. Pada mulanya, pendidikan dan pengajaran di Amerika Serikat di dominasi oleh pengaruh dari Thorndike (1874-1949).
Thorndike mendasarkan teorinya atau hasil-hasil penelitiannya terhadap tingkah laku berbagai binatang antara lain kucing, tingkah laku anak-anak dan orang dewasa. Dalam hal itu, obyek mencoba berbagai cara bereaksi sehingga menemukan keberhasilan dalam membuat koneksi sesuatu reaksi dengan stimulasinya. Dari penelitiannya itu, Thorndike menemukan hukum-hukum :
1)      “Law of Readiness”.
2)      “Law of Exercise”.
3)      “Law of Effect”.
b. Skinner’s Operant Conditioning.
Skinner menganggap “reward” atau “reinforcement” sebagai faktor terpenting dalam proses belajar. Skinner membagi dua jenis respon dalam proses belajar, yakni :
1)      Respondents.
2)      Operants.
Guru berperanan penting di dalam kelas untuk mengontrol dan mengarahkan kegiatan belajar ke arah tercapainya tujuan yang telah dirumuskan.
Jenis-jenis stimuli :
1)      Positive reinforcement.
2)      Negative reinforcement.
3)      Hukuman.
4)      Primary reinforcement.
5)      Secondaru or learned reinforcement.
6)      Modifikasi tingkah laku guru.
2.      Teori-teori Belajar Psikologi Kognitif
Menurut pendapat mereka, tingkah laku seseorang senantiasa didasarkan pada kognisi, yaitu tindakan mengenal atau memikirkan situasi dimana tingkah laku itu terjadi. Mereka memberi tekanan pada organisasi pengamatan atas stimuli di dalam lingkungan serta pada faktor-faktor yang mempengaruhi pengamatan.
a.      Awal pertumbuhan teori-teori belajar psikologi kognitif.
Psikologi kognitif mulai berkembang dengan lahirnya teori belajar “Gestalt”. Kaum Gestaltis berpendapat, bahwa pengalaman itu berstruktur yang terbentuk dalam suatu keseluruhan. Suatu konsep yang penting dalam psikologi Gestalt adalah tentang “insight”, yaitu pengamatan/ pemahaman mendadak terhadap hubungan-hubungan antar bagian-bagian di dalam suatu situasi permasalahan.
b.      Teori belajar “cognitive-field” dari Lewin.
Kurt Lewin (1892-1947) mengembangkan suatu teori belajar, “cognitive-field” dengan menaruh perhatian kepada kepribadian dan psikologi sosial. Lewin berpendapat, bahwa tingkah laku merupakan hasil interaksi antar kekuatan-kekuatan, baik yang dari dalam diri individu seperti tujuan, kebutuhan, tekanan kejiwaan, maupun dari luar diri individu seperti tantangan dan permasalahan. Lewin memberikan peranan yang lebih penting pada motivasi daripada reward.
c.       Teori belajar “cognitive-development” dari Piaget.
Dalam teorinya, Piaget memandang bahwa proses berpikir sebagai aktivitas gradual daripada fungsi intelektual dari kongkrit menuju abstrak. Menurut Piaget, pertumbuhan kapasitas mental memberikan kemampuan-kemampuan mental baru yang sebelumnya tidak ada.
d.      Jerome Bruner dengan “Discovery Learning”nya
Dasar ide J. Bruner ialah pendapat dari Piaget yang menyatakan bahwa anak harus berperanan secara aktif di dalam belajar di kelas. “Discovery learning”, yaitu dimana murid mengorganisir bahan yang dipelajari dengan suatu bentuk akhir.
Bruner menyebutkan hendaknya guru harus memberikan kesempatan kepada muridnya untuk menjadi seorang problem solver, seorang scientist, historin, atau ahli matematika. Biarkanlah murid-murid kita menemukan arti bagi diri mereka sendiri, dan memungkinkan mereka untuk mempelajari konsep-konsep di dalam bahasa yang dimengerti mereka.
3.      Teori-teori Belajar dari Psikologi Humanistik
a.      Orientasi.
Perhatian psikologi humanistik yang terutama tertuju pada masalah bagaimana tiap-tiap individu dipengaruhi dan dibimbing oleh maksud-maksud pribadi yang mereka hubungkan kepada pengalaman-pengalaman mereka sendiri.
b.      Awal Timbulnya Psikologi Humanistik.
Pada akhir tahun 1940-an muncullah suatu perspektif psikologi baru. Gerakan ini berkembang, dan kemudian dikenal sebagai psikologi humanistik, eksestensial, perceptual, atau fenomenologikal. Dalam dunia pendidikan, aliran humanistik muncul pada tahun 1960 sampai dengan 1970-an.
c.       Behavioristik Versus Humanistik.
Para behavioristik memandang orang sebagai makhluk reaktif yang memberikan responsnya terhadap lingkungannya. Sebaliknya, para humanist mempunyai pendapat bahwa tiap orang itu menentukan perilaku mereka sendiri.
d.      Tokoh-tokoh Humanistik :
1)      Combs.
Combs dan kawan-kawan menyatakan bahwa apabila kita ingin memahami perilaku orang, kita harus mencoba memahami dunia persepsi orang itu. Combs dan kawan-kawan selanjutnya mengatakan bahwa perilaku buruk itu sesungguhnya tak lain hanyalah dari ketidakmauan seseorang untuk melakukan sesuatu yang tidak akan memberikan kepuasan baginya.
2)      Maslov.
Didasarkan atas asumsi bahwa di dalam diri kita ada dua hal :
(1)   Suatu usaha yang positif untuk berkembang.
(2)   Kekuatan untuk melawan atau menolak perkembangan itu (Maslov 1968).
Maslov membagi kebutuhan-kebutuhan (needs) manusia menjadi tujuh hirarki. Hirarki kebutuhan manusia menurut Maslov ini mempunyai implikasi yang penting dan harus diperhatikan oleh guru pada waktu ia mengajar anak-anak.
3)      Rogers.
Dalam bukunya “Freedom to Learn”, ia menunjukkan sejumlah prinsip-prinsip belajar humanistik yang penting, yaitu :
(1)   Manusia itu mempunyai kemampuan untuk belajar secara alami.
(2)   Belajar yang signifikan terjadi apabila subject matter dirasakan murid, mempunyai relevansi dengan maksud-maksudnya sendiri.
(3)   Belajar yang menyangkut suatu perubahan di dalam persepsi mengenai dirinya sendiri – dianggap mengancam dan cenderung untuk ditolaknya.
(4)   Tugas-tugas yang mengancam diri adalah lebih mudah dirasakan dan diasimilasikan apabila ancaman-ancaman dari luar itu semakin kecil.
(5)   Apabila ancaman terhadap diri siswa rendah, pengalaman dapat diperoleh dengan berbagai cara yang berbeda-beda dan terjadilah proses belajar.
BAB VII : HAL IKHWAL INTELEGENSI KITA
1.      Pengertian Intelegensi
Definisi tentang intelegensi dikemukakan oleh Bischof, seorang psikolog Amerika (1954). Bischof mengemukakan Intelegensi ialah kemampuan untuk memecahkan segala jenis masalah.
Rumusan definisi yang berbeda namun pengertiannya sama dengan definisi yang dikemukakan oleh Bischof di atas dikemukakan oleh Heidenrich (1970) sebagai berikut : (Intelegensi menyangkut kemampuan untuk belajar dan menggunakan apa yang telah dipelajari dalam usaha penyesuaian terhadap situasi-situasi yang kurang dikenal, atau dalam pemecahan masalah-masalah).
Dalam dua definisi terakhir, tersirat bahwa intelegensi merupakan kemampuan “problem solving” dalam segala situasi yang baru atau yang mengandung masalah.
2.      Teori-teori tentang Intelegensi
a.      Teori “Uni-Factor”.
Teori ini dikenal pula sebagai teori kapasitas umum. Menurut teori ini, intelegensi merupakan kapasitas atau kemampuan umum. Kapasitas umum itu timbul akibat pertumbuhan fisiologis ataupun akibat belajar.
b.      Teori “Two-Factors”.
Teori Spearman itu terkenal dengan sebutan “Two Kinds of Factors Theory”. Spearman mengembangkan teori intelegensi berdasarkan suatu faktor mental umum yang diberi kode “s”.
c.       Teori “Multy-Factors”.
Teori intelegensi multi faktor dikembangkan oleh E. L. Thorndike. Jadi, intelegensi menurut teori ini adalah jumlah koneksi aktual dan potensial di dalam sistem syaraf.
d.      Teori “Primary-Mental-Abilities”.
Menurut teori “Primary-Mental-Abilities” ini, intelegensi merupakan penjelmaan daripada ketujuh kemampuan primer. Para ahli lain menyoroti teori ini sebagai teori yang mengandung kelemahan karena menganggap adanya pemisahan fungsi atau kemampuan pada mental individu.
e.       Teori “Sampling”.
Godfrey H. Thomson pada tahun 1916 mengajukan sebuah teorinya yang disebut teori sampling. Menurut teori ini, intelegensi merupakan berbagai kemampuan sampel. Intelegensi berupa berbagai kemampuan yang overlapping.
3.      Beberapa Masalah yang Berhubungan dengan Intelegensi
Pembicaraan tentang intelegensi telah mengundang berbagai masalah. Berikut ini dikemukakan beberapa masalah tentang intelegensi, yaitu :
a.      Pengukuran Intelegensi.
Sejak tahun 1905, Alfred Binet telah mengembangkan suatu cara untuk mengukur intelegensi. Binet terus mengadakan penyempurnaan, yang kemudian mendapat bantuan dari St. Simon. Hasil usaha mereka itu kemudian diterbitkan pada tahun 1908 yang kemudian terkenal dengan sebutan “Tes Binet Simon”.
Tes ini memperhitungkan dua hal, yaitu :
1)      Umur kronologis.
2)      Umur mental.
Dalam membuat rumus pengukuran intelegensi, Binet menggunakan pedoman selisih tetap. Cara pengukuran intelegensi tersebut disempurnakan lagi oleh Binet pada tahun 1911 dengan terbitnya tes intelegensi Binet-Simon yang kemudian dipakai orang hingga sekarang.
Menurut cara baru yang telah dikembangkan oleh Binet, perhitungan ukuran intelegensi menggunakan pedoman perbandingan tetap antara umur kronologis dengan umur mental seseorang.
b.      Apakah orang-orang dalam berbagai kelas sosial atau kelompok jabatan menunjukkan tingkat-tingkat intelegensi yang berbeda ?
1)      Intelegensi Orang-orang dari Berbagai Kelas Sosial.
Secara umum, lingkungan fisik dan sosial ikut menentukan taraf intelektual manusia. Fakta yang lebih aktual yang menjawab masalah “apakah orang-orang dari berbagai kelas sosial menunjukkan tingkat-tingkat intelegensi yang berbeda” dikemukakan oleh Wireman. Untuk memperkuat fakta di atas, Wiseman menyajikan kesimpulan penelitian yang dilaksanakan oleh Lesser, Feifer, dan Clark (G. S. Lesser, G. Feifer & D. H. Clark).
2)      Intelegensi Orang-orang dari Berbagai Kelompok Jabatan.
Beberapa ahli telah berusaha memperoleh fakta mengenai hubungan antara berbagai kelompok jabatan dengan intelegensi. Sangat sulit bagi kita untuk mengatakan, bahwa orang-orang dalam berbagai kelompok jabatan menunjukkan tingkat-tingkat intelegensi yang berbeda.
c.       Apakah tingkat-tingkat intelegensi anak-anak berhubungan dengan tingkat-tingkat intelegensi orang tua mereka ?
Intelegensi anak dapat diperoleh sebagai warisan dari orang tuanya. Tingkat intelegensi anak, disamping ditentukan oleh hereditas dari orang tua juga dapat melalui “material justification”.
d.      Seberapa jauh pendidikan dapat meningkatkan intelegensi ?
Intelegensi pada anak-anak yang masih muda mengalami peningkatan secara material apabila mereka sebelumnya telah memiliki pengalaman belajar yang menstimulir aktivitas-aktivitas berlatih seperti yang diberikan dalam pendidikan kanak-kanak.
Kenyataan menunjukkan, bahwa dalam lingkungan yang sama dengan latihan yang sama, dan seringkali dengan latar belakang keluarga yang sama pula, anak-anak dapat memiliki perbedaan dalam hal IQ.
e.       Adakah klasifikasi tingkatan kapasitas intelektual dan apakah yang menjadi ketentuan intelegensi “normal” ?
Dengan bertumbuhnya pengetahuan tentang intelegensi, sudah ada beberapa ahli yang menemukan klasifikasi tingkatan kapasitas intelektual manusia menurut strata skor IQ-nya. Dengan pertambahan usia anak, maka anak mengalami peningkatan intelegensi.
f.        Seberapa jauh hereditas dapat menentukan batas-batas intelegensi seseorang ?
Hereditas bukanlah penentu yang fix antara intelegensi.
g.      Apakah kondisi tubuh yang jelek menghasilkan mental yang jelek pula ?
Berdasarkan penelitian, ternyata orang-orang yang ber-IQ tinggi cenderung lebih sehat jasmaninya, dan pertumbuhannya pun lebih subur bila dibandingkan dengan orang-orang yang IQ-nya lebih rendah.
h.      Apakah penyakit yang diderita seseorang menghambat perkembangan mentalnya ?
Penyakit-penyakit tertentu yang menyerang otak atau sistem syaraf dapat mengurangi IQ, tetapi tidaak selalu demikian.
i.        Apakah intelegensi wanita itu lebih rendah, lebih tinggi, ataukah sama dengan intelegensi kaum pria ?
Selama antara pria dan wanita terdapat perbedaan fisik dan psikis, latihan, pengalaman, pola hidup, kebutuhan dan minatnya, maka kita hanya akan mendapati kenyataan, bahwa tes-tes intelegensi  tidak akan mengukur secara akurat tentang perbandingan antara kapasitas mental wanita dengan kapasitas mental pria. Dengan demikian, kita masih mengalami kesulitan untuk mengatakan, bahwa wanita lebih rendah, atau sama atau lebih superior daripada pria dalam hal intelegensi.
j.        Apakah perbedaan ras dan kebangsaan menentukan perbedaan intelegensi ?
Untuk membandingkan intelegensi antara orang-orang dari berbagai ras atau kebangsaan yang berbeda, orang masih harus mempertimbangkan latar belakang ekonomi serta status kultural pada masing-masing keluarga.
k.      Mengapa ilmu pengetahuan belum dapat menjelaskan secara tegas mengenai pewarisan intelegensi ?
Dapat dijelaskan oleh karena :
1)      Dengan adanya berbagai definisi dan teori tentang intelegensi.
2)      Hingga pada saat ini, kita belum memiliki alat ukur yang cermat untuk mengetahui IQ seseorang.
l.        Berdasarkan intelegensinya, apakah yang menentukan pilihan antara bayi A anak wanita pekerja harian dan bayi B anak wanita pengarang dan seorang dokter ?
Selama fakta-fakta penelitian belum mampu menjelaskan persoalan intelegensi, kita memerlukan bantuan dari para ahli genetika, antropologi, psikologi, psikiatri. Pendapat dari para ahli terbagi menjadi dua arah, yaitu :
1)      Tidak menentukan pilihan.
2)      Memberikan alternatif pemikiran.

m.    Hal-ihwal lain mengenai intelegensi.
Teori yang ada melihat intelegensi berasal dari salah satu pandangan, yaitu :
1)      Unitary Trait.
2)      Specific Abilities (kelompok yang menekan adanya kemampuan-kemampuan khusus).
Modalitas Penginderaan : sistem interaksi dengan lingkungan dengan menggunakan salah satu indera dasar : rasa, pandang, dengar, peraba, dan pembau.
Perbedaan Individual dalam Jenis Belajar, didasarkan pada :
1)      Tempo Belajar (lambat atau cepat).
2)      Belajar Mandiri.
3)      Sifat Suka Memperhatikan.
4)      Reaksi terhadap Situasi Baru.
5)      Memikirkan Model Belajar Mengajar.
BAB VIII : PENTINGNYA PENGENALAN TENTANG ANAK DIDIK DALAM PENDIDIKAN.
1.      Penyebab Pengenalan tentang Anak Didik Itu Penting.
Salah satu tujuan dari pendidikan adalah menolong anak mengembangkan potensinya semaksimal mungkin, dan oleh karena itu pendidikan sangat menguntungkan baik bagi anak maupun bagi masyarakat.
Bimbingan merupakan sebagian dari pendidikan, yang menolong anak tidak hanya mengenal diri serta kemampuannya tetapi juga mengenal dunia di sekitarnya. Dengan singkat, bimbingan yang benar dan yang dapat berhasil harus didasarkan pada pengenalan terhadap dan tentang anak didik yang dibimbingnya.
2.      Pengenalan pada Diri Masing-Masing Anak Didik.
Kita harus mengenal hal-hal yang umum yang terdapat pada semua anak, dan hal-hal yang unik dan khusus.
Faktor-faktor umum yang perlu dikenal, ialah :
a.       Hakekat Anak.
b.      Kebutuhan Pokok Anak.
c.       Langkah-Langkah Perkembangan.
d.      Integrasi Pengalaman dalam Kepribadian.
Setiap anak dibentuk juga oleh lingkungan dan pengalaman-pengalaman. Pengertian dari pengetahuan (pengenalan) pembimbing tentang anak tergantung pada pengetahuan dan pengenalan yang diperolehnya dalam suatu konteks, atau situasi. Mengenal tidak hanya berarti atau meliputi pengumpulan data-data dan tingkah laku tentang anak, karena “data” itu sendiri hanya dapat digunakan dengan baik jikalau bertalian dengan situasi dan waktu dimana fakta-fakta tersebut telah diperoleh.
Semua orang yang ikut berpartisispasi dalam proses pendidikan dan pengajaran anak, hendaknya mengenal pribadi anak didik. Jadi, kesimpulannya adalah semakin tua mengenal diri sendiri, semakin kita dapat mengenal orang lain. Semakin kita terampil mengembangkan dan mengubah diri sendiri, semakin kita berhasil menolong orang mengembangkan diri.
BAB IX : “READINESS” DALAM HAL BELAJAR
1.      Pengertian dan Prinsip-Prinsip Pembentukan Readiness.
Seseorang baru dapat belajar tentang sesuatu apabila di dalam dirinya sudah terdapat “readiness” untuk mempelajari sesuatu itu. Ada orang yang mengartikan readiness sebagai kesiapan atau kesediaan seseorang untuk berbuat sesuatu.
Readiness dalam belajar melibatkan beberapa faktor yang bersama-sama membentuk readiness, yaitu :
1)      Perlengkapan dan pertumbuhan fisiologis.
2)      Motivasi yang menyangkut kebutuhan, minat, serta tujuan-tujuan individu.
Dengan demikian, readiness seseorang itu senantiasa mengalami perubahan setiap hari sebagai akibat daripada pertumbuhan dan perkembangan fisiologis individu serta adanya desakan-desakan dari lingkungan seseorang tersebut.
Dari uraian di atas, kita mengetahui bahwa readiness seseorang itu merupakan sifat-sifat dan kekuatan pribadi yang berkembang. Apa yang telah dicapai oleh seseorang pada masa-masa yang lalu akan mempunyai arti bagi aktivitas-aktivitasnya sekarang.
2.      Kematangan sebagai Dasar daripada Pembentukan Readiness.
Individu mengalami pertumbuhan material jasmaniahnya. Kondisi fisik mempengaruhi interaksi sosial individu, sedangkan kehidupan sosial dapat memberikan pengalaman yang dipakai oleh individu dalam usaha melestarikan pertumbuhan dalam hidupnya.
Superioritas jasmaniah tidak berarti menjadikan superioritas tingkahlaku. Perubahan jasmaniah memerlukan bantuan “motor learning” agar pertumbuhan itu mencapai kematangan.
a.      Dasar-dasar biologis tingkahlaku.
Tingkahlaku individu didasari oleh pertumbuhan biologisnya. Sistem syaraf merupakan penggerak tingkahlaku manusia secara biologis. Pusat sistem syaraf terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang.
b.      Perubahan-perubahan dalam otak yang menimbulkan kematangan.
Tingkahlaku belajar memerlukan kematangan fisik, termasuk kematangan fungsi otak. Perkembangan struktur dan fungsi otak tampak sempurna atau hampir sempurna pada saat anak tiba saatnya masuk sekolah dasar.
3.      Lingkungan atau Kultur sebagai Penyumbang Pembentukan Readiness
Stimulasi lingkungan serta hambatan-hambatan mental individu mempengaruhi perkembangan mental, kebutuhan, minat, tujuan-tujuan, perasaan, dan karakter individu yang bersangkutan.
Dalam perkembangan kehidupan individu, lingkungan yang dihadapi atau direaksi semakin luas. Meluasnya lingkungan dapat melalui beberapa cara, antara lain :
1)      Perluasan paling nyata adalah dalam arah stimulasi fisik anak.
2)      Manusia yang mengalami perkembangan kapasitas intelektual.
3)      Perubahan lingkungan di dalam kemampuan individu membuat keputusan.
BAB X : MOTIVASI BAGI BELAJAR MANUSIA
1.      Kesadaran tentang Pentingnya Motivasi bagi Perubahan Tingkahlaku Manusia
Guru-guru sangat menyadari pentingnya motivasi di dalam membimbing belajar murid. Bukan hanya sekolah-sekolah yang berusaha memberi motivasi tingkahlaku manusia ke arah perubahan tingkahlaku yang diharapkan.
Dari uraian di atas, ternyata kesadaran tentang pentingnya motivasi bagi perubahan tingkahlaku manusia telah dimiliki, baik oleh para pendidik, para orang tua murid maupun masyarakat.
2.      Masalah Memotivasi Siswa dalam Belajar
Masalah memotivasi siswa dalam belajar, merupakan masalah yang kompleks. Guru hendaknya mengetahui prinsip-prinsip motivasi yang dapat membantu pelaksanaan tugas mengajarnya, meskipun tidak ada pedoman khusus yang pasti.
3.      Beberapa Pengertian Motivasi
a.      Contoh Ilustratif.
Tingkahlaku prestasi setiap orang itu sama, tetapi motivasi daripada tingkahlaku setiap individu berbeda. Ada yang mementingkan prestasi sebagai tujuan, sedangkan ada orang yang lebih mementingkan pengetahuan untuk menjadi insinyur.
b.      Motivasi Tersimpul dari Tingkahlaku.
Dalam penjelasan tentang contoh ilustratif, perbedaan antara orang yang satu dengan yang lain adalah dalam hal motivasi. Motivasi pada diri seseorang dapat kita interpretasikan dari tingkahlakunya. Perbedaan antara tingkahlaku yang nampak dengan proses-proses yang terjadi, adalah penting untuk diperhatikan.
c.       Kesimpulan-Kesimpulan Reliabel Mengenai Motivasi.
Sebelum kita menyimpulkan “motivasi” yang kita amati dari tingkahlaku, kita hendaknya memperhatikan sampel-sampel tingkahlaku seseorang. Tentang motivasi di atas, dibedakan menjadi dua prinsip penting, yaitu :
1)      Motivasi adalah suatu proses di dalam individu.
2)      Kita menentukan diri daripada proses ini dengan menyimpulkan dari tingkahlaku yang dapat diamati.
Ketepatan daripada kesimpulan tersebut bergantung kepada reliabilitas pengamatan kita.
d.      Salah satu Definisi tentang Motivasi.
Mc. Donald memberikan sebuah definisi tentang motivasi sebagai suatu perubahan tenaga di dalam diri/ pribadi seseorang yang ditandai oleh dorongan efektif dan reaksi-reaksi dalam usaha mencapai tujuan. Definisi ini berisi tiga hal, yaitu :
1)      Motivasi dimulai dengan suatu perubahan tenaga dalam diri seseorang.
2)      Motivasi itu ditandai oleh dorongan afektif.
3)      Motivasi ditandai oleh reaksi-reaksi mencapai tujuan.
4)      Beberapa pendapat tentang motivasi.

4.      Beberapa pendapat tentang motivasi.
a.      James O Whittaker tentang Motivasi
Motivasi adalah kondisi-kondisi atau keadaan yang mengaktifkan atau memberi dorongan kepada makhluk untuk bertingkahlaku mencapai tujuan yang ditimbulkan oleh motivasi tersebut.
b.      Pendapat Thorndike
Belajar dengan “trial-and-error” dimulai dengan adanya beberapa motif yang mendorong keaktifan.
c.       Pendapat Ghuthrie
Motivasi hanyalah menimbulkan variasi respon pada individu, dan bila dihubungkan dengan hasil belajar, motivasi tersebut bukan instrumental dalam belajar.
d.      Pendapat Clifford T. Morgan
Motivasi bertalian dengan tiga hal yang sekaligus merupakan aspek-aspek daripada motivasi, yaitu : keadaan yang mendorong tingkah laku, tingkah laku yang didorong oleh keadaan tersebut, dan tujuan daripada tingkah laku tersebut.
e.       Pendapat Frederick J. McDonald
Proses timbul/tumbuhnya motivasi mengikuti pola berikut :
Drives—Needs—Motives—Motivasi Kelakuan.
5.      Kupasan tentang Elemen-Elemen dari Pafa Motivasi.
Pada dasarnya, motivasi memiliki dua elemen, yaitu :
a.      Elemen Dalam (“inner component”)
Elemen dalam ini berupa perubahan yang terjadi di dalam diri seseorang, berupa keadaan tidak puas, atau ketegangan psikologis.
b.      Elemen Luar (“outer component”)
Elemen luar daripada motivasi adalah tujuan yang ingin dicapai oleh seseorang. Peristiwa terbentuknya elemen dalam dan elemen luar daripada motivasi adalah serempak, elemen yang satu mendahului, segera setelah itu diikuti oleh elemen yang lain.
6.      Perbedaan tentang Motives, Needs, Drives.
Kita telah membicarakan pengertian umum dari motivasi. Needs menerangkan kecenderungan yang relatif permanen di dalam diri seseorang yang termotivasi dengan cara-cara tertentu, dan kita mengetahuinya dari tingkahlakunya untuk mencapai tujuan.
Sedangkan Drives adalah suatu kondisi neurofisiologis yang timbul, yaitu perubahan di dalam struktur neurofisiologis seseorang yang menjadi dasar organik bagi perubahan tenaga yang disebut “motivasi”. Kita harus mengetahui akibat-akibat perubahan neurofisiologis terhadap motivasi tingkahlaku.
BAB XI : PEMIKIRAN KE ARAH APLIKASI PSIKOLOGI BELAJAR
1.      Implikasi Teori-Teori Belajar dari Psikologi Behavioristik.
a.      Prosedur-prosedur pengembangan tingkahlaku baru.
Ada dua metode dalam mengembangkan pola tingkahlaku baru, yaitu :
1)      Shaping
Kebanyakan yang diajarkan di sekolah-sekolah adalah tingkahlaku yang kompleks, bukan hanya “simple response”. Proses respon terminal dimulai dengan penetapan tujuan, kemudian diadakan analisa tugas, langkah-langkah kegiatan murid, dan reinforcement terhadap respon yang diinginkan.
2)      Modelling
Modelling adalah suatu bentuk belajar yang tidak dapat disamakan dengan classical conditioning maupun operant conditioning. Modelling dapat terjadi, baik dengan “direct reinforcement” maupun dengan “vicarious reinforcement”.
b.      Prosedur-prosedur pengendalian atau perbaikan tingkahlaku.
1)      Memperkuat tingkahlaku bersaing.
2)      Ekstingis.
3)      Satiasi.
4)      Perubahan lingkungan stimuli.
5)      Hukuman.

c.       Langkah-langkah dasar modifikasi tingkahlaku.
Berikut ini adalah langkah-langkah bagi guru dalam mengadakan analisa dan modifikasi tingkahlaku, yaitu :
1)      Rumuskan tingkahlaku yang dirubah secara operasional.
2)      Amatilah frekuensi tingkahlaku yang perlu dirubah.
3)      Ciptakan situasi belajar atau treatment sehingga terjadi tingkahlaku yang diinginkan.
4)      Identifikasilah “reinforcers” yang potential.
5)      Perkuatlah tingkahlaku yang diinginkan, dan jika perlu gunakan prosedur-prosedur untuk memperbaiki tingkahlaku yang tidak pantas.
6)      Rekan/ catatlah tingkahlaku yang diperkuat untuk menentukan kekuatan-kekuatan atau frekuensi respon yang telah ditingkatkan.
d.      Pengajaran Terprogram.
Pengajaran terprogram menerapkan prinsip-prinsip “operant conditioning” bagi pelajar manusia di sekolah. Program dapat tertuang dalam buku-buku, mesin-mesin mengajar, atau komputer (Computer Asisted Instruction).
Pada tahun 1950, pengajaran terprogram telah dipraktekkan. Sejak akhir tahun 1950 s/d 1960, bentuk pengajaran ini mengalami banyak kritik dan ulasan, sehingga pada tahun 1970 para pendidik menyimpulkan, bahwa pengajaran terprogram dapat dipakai, namun peranan di masa mendatang adalah melengkapi program pengajaran guru.
Ada bermacam-macam pengajaran terprogram, antara lain :
1)      Program Linier.
2)      Program Intrinsik atau “branching program”.

e.       Program-program Pengajaran Individual.
Prinsip-prinsip pengajaran terprogram telah diterapkan dalam program-program pengajaran individual. Sejak tahun 1960, program-program itu dilaksanakan pada sekolah-sekolah di seluruh Amerika Serikat. Tiap-tiap unit belajar-mengajar dimulai dengan tujuan belajar yang akan dicapai oleh murid, baru kemudian aktivitas belajarnya.
f.        Analisa Tugas.
Salah satu fungsi guru yang terpenting setelah ia menentukan tujuan ialah menganalisa tugas. Dalam proses analisa tugas kita harus mengestimasi “entry behavior” murid.
g.      Suatu Pendekatan Belajar Tuntas.
Bloom (1968), mengemukakan penguasaan belajar murid-murid. Strategi Bloom berbeda dari pengajaran kelas konvensional karena menekankan :
1)      Penguasaan unit-unit belajar kecil.
2)      Penggunaan tes diagnostik.
3)      Prosedur-prosedur korektif untuk mengatasi kesulitan belajar murid.
Blook (1973) mengemukakan bukti, bahwa program-program belajar tuntas mengembangkan minat dan sikap positif terhadap mata pelajaran.
h.      Pemikiran tentang Modal Belajar-Mengajar.
Model belajar-mengajar menunjukkan, bahwa perbedaan individual akan mempengaruhi keputusan-keputusan metodologi guru. Analisa tugas berguna untuk perencanaan program pendidikan individual sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan khusus murid. Akhir-akhir ini para psikolog telah menerapkan konsep-konsep kognitif dan humanistik untuk mengembangkan pendekatan yang disebut cognitive behavior modification.
2.      Implikasi Teori-Teori Belajar Psikologi Kognitif.
Ahli psikologi belum puas dengan penjelasan yang terdahulu (stimulus-response-reinforcement). Tiga tokoh penting pengembang teori psikologi kognitif, yaitu :
1)      Piaget.
2)      Bruner.
3)      Ausubel.
a.      Psikologi Gestalt dalam Praktek.
Dua hukum pokok Gestalt, yaitu :
1.      Pragnaz.
2.      Closure.
Psikologi Gestalt ini kemudian dikembangkan oleh Kurt Lewin dengan “cognitive-field psychology”-nya. Psikologi Gestalt menyusun belajar itu ke dalam pola-pola tertentu. Jadi, bukan bagian-bagian.
b.      Implikasi teori Piaget untuk pendidikan.
Para pendidik memandang bahwa teori Piaget itu dapat dipakai sebagai dasar pertimbangan guru di dalam menyusun struktur dan urutan mata pelajaran di dalam kurikulum. Yang penting guru harus mengerti alam pikiran anak dan tradisinya dari tingkat-tingkat perkembangan intelektual tersebut.
Strategi belajar yang dikembangkan dari teori Piaget ialah menghadapkan anak dengan sifat pandangan yang tidak logis (Siegel). Tipe kelas yang dikehendaki oleh Piaget menekankan pada transmisi pengetahuan melalui metode ceramah-diskusi dan mendorong guru untuk bertindak sebagai katalisator dan siswa belajar sendiri.
c.       Implikasi “Discovery Learning” dari Burner.
1.      Kenaikan dari potensi intelektual menimbulkan harapan murid untuk sukses.
2.      Dalam Process of Education disebutkan juga tentang Spiral Curriculum.
3.      Istilah discovery learning sering diartikan sama dengan inquiry training atau problem solving dan ketiganya sering dipakai secara bergantian.
4.      Langkah-langkah discovery learning menurut Taba (1963).
5.      Contoh metode discovery mengenai pengajaran bahasa tentang tipe-tipe dan aturan di dalam bahasa.
6.      Bruner mengemukakan metode mengajar dengan discovery ini ia ingin memperbaiki pengajaran yang selama ini hanya mengarah kepada menghafal fakta-fakta saja.
7.      Pendukung Bruner diantaranya ialah Postman dan Weingertner (1969) yang di dalam bukunya “Teaching as a Subsersive Activity”.
8.       Dalam praktek banyak cara untuk melakukan discovery learning.
d.      Praktek Ausubel : Expository Teaching.
1.      Kebanyakan ahli psikologi kognitif memilih bentuk discovery learning, tetapi para behavirist memilih guided learning atau expository teaching.
2.      Ausubel menolak pernyataan Bruner yang menyatakan bahwa discovery learning itu dapat menghasilkan suatu integrasi di dalam penggunaan pengetahuan yang lebih teratur.
3.      Ausubel memberikan penjelasan bagaimana bisa terjadi belajar secara hafalan dan belajar yang bermakna. Jika murid mencoba mencari kejelasan bahwa pelajaran, harus belajar yang bermakna.
e.       Kesimpulan.
Dari penyelidikan-penyelidikan tidak dapat ditarik kesimpulan metode mana yang paling efektif. Hal itu sebenarnya tergantung pada : tujuan instruksionalnya, sifat dan kecakapan murid, minat dan kecakapan guru di dalam mengajar (strategi mengajar).
f.        Pemikiran tentang Model Belajar Mengajar.
Teori Piaget dibicarakan disini karena secara jelas teori itu ada interaksinya dengan perbedaan individual, tujuan instruksional, prinsip belajar, dan metode mengajar. Ada dua pendekatan tentang readiness, yaitu dari tingkat perkembangan fungsi-fungsi kognitif dan pengetahuan anak daripada mata pelajaran. Metode belajar discovery dan reception memberikan tambahan pengertian tentang cara-cara untuk mencapai tujuan.
3.      Implikasi Teori Belajar Humanistik.
a.      Guru sebagai Fasilitator.
Psikologi humanistik memberi perhatian atas guru sebagai fasilitator. Ini merupakan ikhtisar yang sangat singkat dari beberapa guidelenes (petunjuk).
b.      Ciri-ciri Humanistik mengenai Guru-guru yang Baik dan Kurang Baik.
Menurut Hamacheek (1969), guru-guru yang efektif tampaknya adalah guru-guru yang manusiawi. Guru yang tidak efektif jelas kurang memiliki rasa humor, mudah menjadi tidak sabar, menggunakan komentar-komentar yang melukai dan mengurangi rasa ego, kurang terintegrasi, cenderung bertindak agak otoriter, dan biasanya kurang peka terhadap kebutuhan-kebutuhan siswa mereka.
Combs dan kawan-kawan percaya bahwa apabila guru-guru merasa tentram terhadap diri mereka sendiri dan terhadap kemampuan mereka, mereka akan dapat memberikan perhatiannya kepada orang lain.
Guru-guru yang percaya bahwa setiap siswa itu mempunyai kemampuan untuk belajar akan mempunyai perilaku yang lebih positif terhadap siswa-siswa mereka.
c.       Guru-guru yang sejati.
Mengajar yang baik bukan sekedar persoalan teknik-teknik dan metodologi belajar saja. Nasihat yang sering diberikan misalnya agar guru bertindak keras pada saat permulaan. Ada beberapa mitos pengajaran yang telah berlaku beberapa generasi :
1)      Guru harus bersikap tenang.
2)      Guru harus dapat menyukai siswa-siswanya secara adil.
3)      Guru harus memperlakukan siswa-siswanya secara sama.
4)      Guru harus mampu menyembunyikan perasaannya.
5)      Guru diperlukan oleh siswa-siswanya.
6)      Guru harus dapat menjawab semua pertanyaan yang disampaikan oleh siswa-siswanya.
Hal ini menimbulkan pengertian salah tentang guru, sehingga guru menghindarkan situasi ini dengan tidak mau mengakui kesalahannya atau ketidaktahuannya. Sesungguhnya guru adalah makhluk biasa.
d.      Aplikasi Psikologi Humanistik pada Pendidikan.
Guru-guru cenderung berpendapat bahwa pendidikan adalah pewarisan kebudayaan, pertanggungjawab sosial, dan bahan pengajaran yang khusus. Pengembangan nilai-nilai dan sikap pribadi yang dikehendaki secara sosial dan pemerolehan pengetahuan yang luas tentang sejarah, sastra, dan pengolahan strategi berpikir produktif.
Pendekatan sistem (alternatif lain) mungkin saja direncanakan sehingga para siswa dapat memilih suatu rencana pelajaran agar mereka dapat mencurahkan waktu mereka bagi bermacam-macam tujuan belajar atau sejumlah pelajaran yang akan dipelajari atau jenis-jenis pemecahan masalah dan aktivitas-aktivitas kreatif yang akan dilakukan.

B.     Pembahasan
Dengan pesatnya perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, maka perubahan-perubahan pesat terjadi pula dalam bidang pendidikan, terutama pada kurikulum. Berbagai peralatan teknologi elektronik serta komputer mulai banyak dipergunakan di dalam proses belajar mengajar di sekolah-sekolah. Hal ini memunculkan kekhawatiran akan diabaikannya psikologi dalam pendidikan.
Untuk mengatasinya bisa dengan cara membawa anak didik kepada keaktifan yang lebih tinggi, baik fisiologis maupun psikologis. Maka, sudah tiba masanya sekarang dimana pendidikan hendaknya lebih melayani kebutuhan dan hakikat psikologi anak didik.
Dalam hal ini, penerapan psikologi terutama psikologi belajar memerlukan pemikiran yang mendalam, agar pelayanan atau perlakuan pendidik terhadap anak didik sesuai dengan sifat dan hakikat anak didik. Berdasarkan uraian di atas, pengetahuan psikologis tentang anak didik menjadi hal yang sangat penting dalam pendidikan.
Sudah banyak ahli atau tokoh dunia dari zaman ke zaman yang telah mengungkap tentang sifat-sifat dan hakikat manusia yang kupasannya terpusat pada pembahasan mengenai psikologi dan kepribadian manusia.
Hakikat kejiwaan manusia terwujud dengan adanya kekuatan-kekuatan serta aktivet-aktivet kejiwaan dalam diri manusia, yang semua itu menghasilkan tingkah laku yang lebih sempurna daripada makhluk-makhluk lain.
Pertumbuhan pribadi sebagai perubahan kuantitatif pada material pribadi sebagai akibat dari adanya pengaruh lingkungan. Dinyatakan dalam bentuk perubahan-perubahan yang terjadi pada bagian-bagian material, akan tetapi pertumbuhan itu sendiri mempunyai sifat kesatuan dan keumuman, dalam hal ini bagi suatu organisme.
Perkembangan merupakan suatu perubahan yang bersifat kualitatif, yang ditekankan pada segi material, melainkan pada segi fungsional. Perkembangan pribadi sebagai perubahan kualitatif daripada setiap fungsi kepribadian akibat dari pertumbuhan dan belajar.
Hereditas dapat diartikan sebagai pewarisan atau pemindahan biologis karakteristik individu dari pihak orang tuanya. Dalam hal ini terjadi melalui proses genetis, yang berawal dari pertemuan antara kromosom ayah dan ibu. Akibatnya, terjadilah perubahan sifat hereditas.
Lingkungan itu sebenarnya mencakup segala material dan stimuli di dalam dan di luar diri individu, baik yang bersifat fisiologis, psikologis, maupun sosio-kultural. Kesamaan sifat dan penampakan seseorang dengan orang tuanya dapat terjadi karena modifikasi sifat-sifat itu dengan lingkungan.
Belajar merupakan proses dasar daripada perkembangan hidup manusia. Dengan belajar, manusia melakukan perubahan-perubahan kualitatif individu sehingga tingkah lakunya berkembang. Oleh karena itu, belajar berlangsung secara aktif dan integratif dengan menggunakan berbagai bentuk perbuatan untuk mencapai suatu tujuan. Sehingga tinjauan psikologis dalam belajar sangat penting dalam membentuk karakter anak didik.
Dengan berkembangnya psikologi dalam pendidikan, maka bersamaan dengan itu muncul pula berbagai teori tentang belajar. Dalam setiap periode perkembangan aliran psikologi tersebut muncul teori-teori tentang belajar.
Intelegensi merupakan kemampuan “problem solving” dalam segala situasi yang baru atau yang mengandung masalah. “Problem Solving” dalam segala situasi ini mencakup permasalahan pribadi, permasalahan sosial, permasalahan akademik-kultural, serta permasalahan ekonomi keluarga.
Perencanaan yang didasarkan pada stail kognitif ini contoh/gambaran yang cukup jelas tentang bagaimana perbedaan individu, dengan melalui modefikasi, dapat membuahkan proses belajar-mengajar yang efektif.
Anak didik memandang sekolah sebagai tempat mencari sumber “bekal” yang akan membuka dunia bagi mereka. Agar dapat menolong anak ia harus dikenal dalam segala aspeknya dan dalam konteks (situasi) hidupnya dimana ia hidup.
Kita harus mengenal hal-hal yang umum yang terdapat pada semua anak, dan hal-hal yang unik dan khusus. Hal-hal yang umum merupakan dasar dan norma yang akan menolong pembimbimg mengetahui ciri-ciri dan unik pada tiap-tiap anak.
Masing-masing individu mempunyai sejarah atau latar belakang perkembangan yang berbeda-beda yang menyebabkan adanya pola pembentukan readiness yang berbeda-beda pula di dalam diri masing-masing individu.
Readiness seseorang itu senantiasa mengalami perubahan setiap hari sebagai akibat daripada pertumbuhan dan perkembangan fisiologis individu serta adanya desakan-desakan dari lingkungan seseorang itu. Apa yang telah terjadi pada saat sekarang akan memberikan sumbangan terhadap readiness individu di masa mendatang.
Orang tua atau keluarga telah berusaha memotivasi belajar anak-anak mereka. Selain itu juga, sekolah juga berusaha memberi motivasi tingkah laku manusia ke arah perubahan tingkah laku yang diharapkan.
Dalam usaha memotivasi siswa tersebut, tidak ada aturan-aturan yang sederhana. Oleh karena itu, guru hendaknya mengetahui prinsip-prinsip motivasi yang dapat membantu pelaksanaan tugas mengajarnya, meskipun tidak ada pedoman khusus yang pasti.
Psikologi humanistik memberi perhatian atas guru sebagai fasilitator. Banyak ahli psikologi humanistik atau ahli psikologi perseptual membedakan guru-guru yang efektif dan yang kurang efektif dengan menentukan apa yang mereka percayai tentang konsep diri sendiri dan apa yang mereka percayai tentang orang lain.
Mengajar yang baik bukan sekedar persoalan teknik-teknik dan metodologi belajar saja. Sesungguhnya guru adalah makhluk biasa. Guru senang pada suatu pendekatan sistematik yang memanfaatkan pengetahuan hasil penelitian pada kondisi-kondisi belajar yang diperlukan bagi siswa untuk mencapai hasil yang telah ditentukan.









BAB III
KESIMPULAN
Psikologi pendidikan sangat penting bagi pencapaian tujuan, sistem, fungsi dari pendidikan itu sendiri sehingga tercapai sesuai yang diinginkan. Obyek yang utama dalam pengembangan pendidikan adalah mutu anak didik dalam hal karakter atau psikologinya. Sehingga, tingkah laku anak didik tersebut menjadi baik dan pastinya akan membentuk karakter yang mempunyai landasan kerja pemimpin pendidikan. Dalam hal ini guru berperan penting di dalam pembentukan psikologi pendidikannya.















DAFTAR PUSTAKA
1.      Anastasi, Anne, Differential Psychology. New York : Mac Millan, 1958.
2.      Barr, John, The Elementary Teacher and Guidance. New York : Henry Holt & Co., 1958.
3.      Battle, J. A. & Shannon, Robert L., Gagasan Baru dalam Pendidikan (terjemahan oleh : Sans S. Hutabarat). Jakarta : MUTIARA, 1982.
4.      Benson, Clarence H. An Introduction to Child Study. Chicago : Moody Press, 1942.
5.      Buss, Arnold. Psychology : man in perspective. Toronto : John Wiley & Sons, Inc., 1973.
6.      Breckenridge, Marian E. & Lee, Vincant E., Child Development; Physical and Psychologic Growth Through the School Years. London : W. B. Saunders Company, t. Th.
7.      Cronbach, Lee J. Educational Psychology. New Harcout, grace.
8.      Crow, Lester D. & Crow, Alice, Educational Psychology; Human Development and Learning.
9.      Dembo, Myron H. Teaching for Learning : Applying Educational Psychology in the Classroom, California : Goodyear Publishing Company, Inc., 1981.
10.  Elkind, David, A Sympathetic Understanding of the Child Six to Sixteen. Boston : Allyn & Bacon, Inc., 1972.
11.  English, Harace B. & English, Ava L., A Comprehensive Dictionary of Psychological and Psychoanalitical Terms.
12.  Hillgard, E. R. Theories of Learning. New York : Appletton Century—Crofts, 1956.
13.  Jersild, A. J., Child Psychology. New York : Prentice—Hall, 1950.
14.  Keller, Fred S., Learning; Reinforcement Theory. New York : Random House, Inc., 1954.
15.  Kingsley, Howard L. & Garry, Ralph, The Nature and Condition of Learning. N. J. : Prentice-Hall, Inc. Engliwood Clifts, 1957.
16.  Linchoten, J. Pengantar dalam Ilnu Sejarah; Ajaran Fungsi Umum. Malang : Lembaga Penerbitan IKIP Malang, 1969.
17.  Mc Donald, Rederick J., Educational Psychology, San Fransisco : Wadsworth Publishing Company, Inc., t. Th.
18.  Meenes, Max, Studying and Learning. New York : Random House. Inc. 1954.
19.  Sargent, Stanfeld, Basic Teachings of The Gread Physichologist. New York : Barnest & Noble, Inc. t.th.
20.  Scheinfeld, Amran, The New You and Heredity. New York J. B. Lippincott Company, t.th.
21.  Soemanto, Wasty, & Soetopo, Hendyat, Dasar dan Teori Pendidikan Dunia; Tantangan bagi Para Pemimpin Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional 1982.
22.  Soeriyabrata, Soenadi, Psikologi Pendidikan; Suatu Penyajian secara Operasional, Jilid 1. Yogyakarta : Rake Press, 1980.
23.  Soeryabrata, Soenadi, Psikologi Pendidikan; Suatu Penyajian secara Operasional, Jilid 2. Yogyakarta : Rake Press, 1981.
24.  Whittaker, James O., Introduction to Physichology. Tokyo Toppan Company, Limited, 1970.
25.  Wodworth, R. S. & Marquis, D. G., Psychology London Methuen, 1955.
26.  Witherington, H. C,, Educational Physicholoy : Pengantar Psikologi Pendidikan (Terjemahan oleh M. Buchari) Jilid 2. Bandung : Penerbit “Jemmars, 1977”.
27.  Witherington, GC, Educational Physicholoy : Pengantar Psikologi Pendidikan (Terjemahan oleh M. Buchari) Jilid 3. Bandung : Penerbit “Jemmars, 1977”.
28.  Witherington, H. C. Educational Physicholoy : Pengantar Psikologi Pendidikan (Terjemahan oleh M. Buchari) Jilid 4. Bandung : Penerbit “Jemmars, 1978”.
29.  Zeaman, D. & Houuse, B. J. The Role of Attention in Retardate Discrimination Learning, (Hanbook of Mental Deficiency). New York : McGraw Hill, 1963.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH MASUKNYA AGAMA KONGHUCU DI INDONESIA

Kamu yang Kusayang

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BERBASIS NILAI