PSIKOLOGI PENDIDIKAN (Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan)
PSIKOLOGI
PENDIDIKAN
(Landasan
Kerja Pemimpin Pendidikan)
RESUME
BUKU
UNTUK MEMENUHI TUGAS AKHIR INDIVIDU MATAKULIAH
Pengantar Pendidikan
yang dibina oleh Bapak Drs. H.
Kasimanuddin Ismain, Mpd
Oleh :
Yuliarti Kurnia Pramai Selli
(140731606196)

UNIVERSITAS
NEGERI MALANG
FAKULTAS
ILMU SOSIAL
JURUSAN
SEJARAH
PRODI
S1 PENDIDIKAN SEJARAH
November
2014
KATA PENGANTAR
Dengan
memanjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, penulis dapat menyelesaikan
tugas akhir individu matakuliah Pengantar Pendidikan dengan tugas meresume buku
yang berjudul “Psikologi Pendidikan (Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan)”.
Penulis
mengucapkan terimakasih kepada para pihak yang telah membantu dalam
penyelesaian tugas meresume buku ini. Kepada Bapak Drs. H Kasimanuddin Ismain, Mpd selaku pembimbing, yang senantiasa memberikan pengarahan kepada penulis
dalam penyelesaian tugas akhir individu ini.. Tidak lupa kepada teman-teman
yang telah memberikan informasi dalam menyelesaikan tugas resume buku ini.
Penulis menyadari bahwa tugas resume buku yang dibuat masih belum sempurna.
Oleh karena itu, kritik dan saran sangat berguna bagi penulis untuk
penyempurnaan tugas akhir sindividu ini. Semoga tugas meresume buku ini berguna
untuk menambah pengetahuan tentang psikologi pendidikan serta bermanfaat untuk
kedepannya.
Malang,
November 2014
Penulis
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR
....................................................................................... v
BAB I : PENTINGNYA
PSIKOLOGI DALAM PENDIDIKAN ................. 1
1. Pendidikan
yang Diharapkan ................................................................... 2
2. Psikologi
dalam Pendidikan ..................................................................... 5
3. Pokok-Pokok
Pembahasan Psikologi Pendidikan .................................... 8
BAB II : SIFAT DAN
HAKEKAT KEJIWAAN MANUSIA ........................ 10
1. Kekuatan-Kekuatan
Umum Jiwa Manusia .............................................. 11
2. Aktivitas-Aktivitas
Kejiwaan ................................................................... 16
a.
Pengamatan ........................................................................................ 16
b.
Tanggapan .......................................................................................... 23
c.
Fantasi ................................................................................................ 25
d.
Ingatan ................................................................................................ 26
e.
Pikiran ................................................................................................ 29
f.
Perhatian ............................................................................................ 32
g.
Perasaan ............................................................................................. 35
h. Kemauan
............................................................................................ 37
BAB III : PERTUMBUHAN DAN
PERKEMBANGAN MANUSIA ........... 39
1. Hal
Pertumbuhan Pribadi Manusia .......................................................... 40
a.
Pengertian Pertumbuhan .................................................................... 40
b.
Peristiwa Pertumbuhan
Pribadi Manusia ........................................... 41
c.
Hukum-Hukum yang Mengatur
Pertumbuhan ................................... 46
d.
Aspek-Aspek yang
Mempengaruhi Pertumbuhan ............................. 50
e.
Pertumbuhan Fisik yang
Normal ....................................................... 51
2. Hal
Perkembangan Pribadi Manusia ........................................................ 54
a.
Pengertian Perkembangan .................................................................. 54
b.
Hukum-Hukum Perkembangan ......................................................... 56
c. Tahap-Tahap
Perkembangan Pribadi Manusia .................................. 60
BAB IV : HEREDITAS DAN
LINGKUNGAN .............................................. 78
1. Pengertian
Hereditas ................................................................................ 78
2. Pengertian
Lingkungan ............................................................................ 80
3. Pengaruh
Hereditas dan Lingkungan terhadap Pertumbuhan Individu Manusia 81
a.
Penemuan dari Abbot
Gregor Mendel (1857) ................................... 81
b.
Penemuan dari Prof.
Thomas Hunt Morgan (1907) ........................... 83
c.
Proses Herediter dalam
Pertumbuhan ................................................ 85
d.
Pengaruh Lingkungan
terhadap Pertumbuhan ................................... 87
4. Pengaruh
Hereditas dan Lingkungan terhadap Perkembangan Individual
...................................................................................................................88
a.
Pewarisan Sifat Genius ...................................................................... 90
b.
Penelitian tentang
Pertumbuhan Mental pada Kera dan Anak .......... 91
c.
Penelitian tentang
Pertumbuhan Anak Kembar ................................. 92
d. Sumbangan-Sumbangan
yang Saling Berhubungan dari Hereditas dan Lingkungan terhadap Pertumbuhan dan
Perkembangan Individu ....................................... 93
BAB V : TINJAUAN
PSIKOLOGIS TENTANG BELAJAR ...................... 97
1.
Pengertian tentang
Belajar ................................................................. 98
2. Beberapa
Aktivitas yang Termasuk Belajar ..................................... 100
a.
Gambaran tentang Set
Belajar .................................................... 101
b.
Beberapa Aktivitas
Belajar ......................................................... 102
3.
Faktor-Faktor yang
Mempengaruhi Hal Belajar .............................. 107
a.
Faktor-Faktor Stimuli
Belajar ........................................................... 108
b. Faktor-Faktor
Metode Belajar .......................................................... 110
BAB VI : TINJAUAN
TEORITIS TENTANG BELAJAR .......................... 116
1. Teori-Teori
Belajar Psikologi Behavioristik .......................................... 116
a.
Teori-Teori yang
Mengawali Perkembangan Psikologi Behavioristik 117
b.
Skinner’s Operant
Conditioning ....................................................... 119
2. Teori-Teori
Belajar Psikologi Kognitif .................................................. 121
a.
Awal Pertumbuhan
Teori-Teori Belajar Psikologi Kognitif ............ 121
b.
Teori Belajar
“cognitive-field” dari Lewin ...................................... 122
c.
Teori Belajar
“cognitive-development” dari Piaget ......................... 123
d.
Jerome Brumer dengan
“Discovery Learning”nya ........................... 127
3. Teori-Teori
Belajar dari Psikologi Humanistik ...................................... 128
a.
Orientasi ............................................................................................ 128
b.
Awal timbulnya Psikologi
Humanistik ............................................. 129
c.
Behaviorisme versus
Humanistik ..................................................... 129
d. Tokoh-Tokoh
Humanistik ................................................................ 129
BAB VII : HAL-IKHWAL
INTELEGENSI KITA ...................................... 133
1. Pengertian
Intelegensi ............................................................................. 133
2. Teori-Teori
tentang Intelegensi .............................................................. 135
a.
Teori “Uni-Factor” ............................................................................ 135
b.
Teori “Two-Factor” .......................................................................... 135
c.
Teori “Multi-Factor” ......................................................................... 136
d.
Teori “Primary-Mental
Abilities” ..................................................... 136
e.
Teori Sampling ................................................................................. 137
3. Beberapa
Masalah yang Berhubungan dengan Intelegensi .................... 138
a. Bagaimanakah
Intelegensi itu Diukur .................................................... 138
b. Apakah
orang-orang dalam berbagai Kelas Sosial atau Kelompok Jabatan menunjukkan
tingkat-tingkat Intelegensi yang berbeda ? ......................................................... 139
c. Apakah
tingkat-tingkat Intelegensi anak-anak berhubungan dengan tingkat-tingkat
Intelegensi si orang tua mereka ? ............................................................................................ 142
d. Seberapa
jauh pendidikan dapat meningkatkan Intelegensi ? ................ 144
e. Adakah
klasifikasi tingkatan Kapasitas Intelektual dan Apakah yang menjadi Ketentuan
Intelegensi “normal” ? ............................................................................................... 145
f.
Seberapa jauh Hereditas
dapat menentukan batas-batas intelegensi seseorang ? 146
g. Apakah
kondisi tubuh yang jelek menghasilkan mental yang jelek pula ? 147
h. Apakah
penyakit yang diderita seseorang menghambat perkembangan mentalnya ? 147
i.
Apakah Intelegensi wanita
itu lebih rendah, lebih tinggi, ataukah sama dengan Intelegensi kaum pria ? ................................................................................................................. 148
j.
Apakah perbedaan ras dan
kebangsaan menentukan perbedaan Intelegensi ? 149
k. Mengapa
ilmu pengetahuan belum dapat menjelaskan secara tegas mengenai pewarisan
Intelegensi ? ................................................................................................................. 149
l.
Berdasarkan
Intelegensinya, apakah yang menentukan pilihan antara bayi A anak wanita
pekerja harian dan bayi B anak wanita pengarang dan seorang dokter ? ............ 150
m. Hal-ikhwal
Lain mengenai Intelegensi ................................................... 151
BAB VIII : PENTINGNYA
PENGENALAN TENTANG ANAK DIDIK DALAM PENDIDIKAN 165
1. Apa
Sebabnya Pengenalan tentang Anak Didik itu Penting ? ................ 165
2. Apakah
yang Harus Dikenal pada Diri Masing-Masing Anak Didik ? .. 166
a.
Hakekat Anak ................................................................................... 166
b.
Kebutuhan Pokok Anak .................................................................... 166
c.
Langkah-Langkah
Perkembangan .................................................... 166
d.
Integrasi Pengalaman
dalam Kepribadian ........................................ 166
3. Perbedaan-Perbedaan
Individual; Faktor-Faktor Kepribadian dan Motivasional 174
a.
“Self Concept” (Konsep
Diri) ........................................................... 175
b.
“Locus of Control” ........................................................................... 176
c.
Kecemasan yang Dialami
oleh Anak Didik ...................................... 177
d. Motivasi
Hasil Belajar ...................................................................... 178
BAB IX : “READINESS”
DALAM HAL BELAJAR ................................... 180
1. Pengertian
dan Prinsip-Prinsip Pembentukan Readiness ....................... 180
2. Kematangan
sebagai Dasar daripada Pembentukan Readiness .............. 181
a.
Dasar-Dasar Biologis
Tingkah Laku ................................................ 182
b.
Perubahan-Perubahan dalam
Otak yang Menimbulkan Kematangan .... 184
3. Lingkungan
atau Kultur sebagai Penyumbang Pembentukan Readiness ..... 186
BAB X : MOTIVASI BAGI
BELAJAR MANUSIA ..................................... 188
1. Kesadaran
tentang Pentingnya Motivasi bagi Perubahan Tingkah Laku Manusia 188
2. Masalah
Motivasi Siswa dalam Belajar .................................................. 189
3. Beberapa
Pengertian Motivasi ................................................................ 189
a.
Contoh Ilustrasi ................................................................................. 189
b.
Motivasi Tersimpul dari
Tingkah Laku ............................................ 190
c.
Kesimpulan-Kesimpulan
Reliabel mengenai Motivasi .................... 191
d.
Salah Satu Definisi
tentang Motivasi ............................................... 191
4. Beberapa
Pendapat tentang Motivasi ...................................................... 193
a.
James O. Whittaker
tentang Motivasi ............................................... 193
b.
Pendapat Thorndike .......................................................................... 193
c.
Pendapat Guthrie .............................................................................. 193
d.
Pendapat Clifford T.
Morgan ............................................................ 194
e.
Menurut Frederick J. Mc
Donald ...................................................... 194
5. Kupasan
tentang Elemen-Elemen daripada Motivasi ............................. 194
a.
Elemen Dalam
(“Intercomponent”) .................................................. 195
b.
Elemen Luar (“Outer
Component”) .................................................. 195
c.
Tujuan dan “Motivated
States” ......................................................... 195
d.
Pemenuhan Kebutuhan dan
Reinforcement Tingkah Laku .............. 196
6. Pembedaan
tentang Motives, Needs, Drives .......................................... 196
a.
Definisi tentang Need ....................................................................... 197
b.
Bukti Eksperimental
tentang Timbulnya Kebutuhan ....................... 197
c.
Definisi tentang Drive ...................................................................... 198
d.
Needs dan Motives ........................................................................... 199
e.
Rangkuman ....................................................................................... 199
f.
Implikasi Motivasi dalam
Belajar ..................................................... 200
BAB XI : PEMIKIRAN KE
ARAH APLIKASI PSIKOLOGI BELAJAR ..... 201
1. Implikasi
Teori-Teori Belajar dari Psikologi Belajar dari Psikologi Behavioristik 201
a.
Prosedur-Prosedur
Pengembangan Tingkah Laku Baru ................... 201
b.
Prosedur-Prosedur
Pengendalian atau Perbaikan Tingkah Laku ...... 203
c.
Langkah-Langkah Dasar
Modifikasi Tingkah Laku ......................... 204
d.
Pengajaran Terprogram .................................................................... 205
e.
Program-Program
Pengajaran Individual ......................................... 206
f.
Analisa Tugas ................................................................................... 207
g.
Suatu Pendekatan Belajar
Tuntas ..................................................... 208
h.
Pemikiran tentang Model
Belajar Mengajar ..................................... 209
2. Implikasi
Teori-Teori Belajar Psikologi Kognitif .................................. 210
a.
Psikologi Gestalt dalam
Praktek ....................................................... 210
b.
Implikasi Teori Piaget
untuk Pendidikan ......................................... 211
c.
Implikasi “dicovery
learning” dari Bruner ....................................... 213
d.
Praktek Ausubel;
“expository teaching” ........................................... 215
e.
Kesimpulan ....................................................................................... 217
f.
Pemikiran tentang Model
Belajar Mengajar ..................................... 218
3. Implikasi
Teori Belajar Humanistik ....................................................... 218
a.
Guru sebagai Fasilitater .................................................................... 218
b.
Ciri-Ciri Humanistik
mengenai Guru-Guru yang Kurang Baik ....... 220
c.
Guru yang Sejati ............................................................................... 221
d. Aplikasi
Psikologi Humanistik pada Pendidikan ............................. 222
DAFTAR KEPUSTAKAAN ............................................................................ 224
BAB
I
IDENTITAS
BUKU
A.
Nama
buku : PSIKOLOGI PENDIDIKAN (Landasan
Kerja Pemimpin Pendidikan)
B.
Penulis
buku : Drs. Wasty Soemanto
C.
Penerbit,
kota, tahun : PT. BINA AKSARA, Jakarta,
1987
D.
Jumlah
bab, halaman : 11, 224
E.
Warna
cover buku : Putih
BAB II
RANGKUMAN DAN PEMBAHASAN
A.
Rangkuman
BAB I : PENTINGNYA
PSIKOLOGI DALAM PENDIDIKAN
Pada negara-negara yang sudah
berkembang ataupun yang sudah mengalami stabilitas politik dan agama,
pendidikan menjadi perhatian penting bagi masyarakat. Masyarakat mulai ramai
memperdebatkan fungsi dan tujuan pendidikan.
Tujuan pendidikan dasar adalah
mempersiapkan generasi muda untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih
tinggi. Akibat ramainya pembicaraan mengenai pendidikan umum, maka pendidikan
kejuruan hampir tersisih dari percaturan pendidikan.
Akhir-akhir ini pendidikan diarahkan
untuk menanggulangi permasalahan putus sekolah, kenakalan anak-anak,
pengangguran, dan dunia kerja. Beberapa negara termasuk Indonesia sudah mulai
menekankan fungsi pendidikan formal sebagai tempat latihan serta persiapan
tenaga kerja untuk memenuhi kebutuhan lapangan akan tenaga kerja.
Sebetulnya, pendidikan kejuruan yang
bagaimanapun baiknya belum merupakan satu-satunya jawaban atas berbagai masalah
pendidikan. Berbagai faktor serta aspek penyelenggaraan pendidikan telah
digarap oleh para ahli demi kemajuan pendidikan dan masyarakat. Buku ini akan
menyajikan uraian yang berisikan pembahasan dalam segi tinjauan psikologis
dalam rangka memajukan pengajaran.
1.
Pendidikan
yang Diharapkan
Banyak
pihak, baik itu masyarakat ataupun para generasi belajar akhirnya menjadi
bingung atau kecewa setelah mereka mengamati atau mengecap dunia pendidikan
kita.Dalam hal ini, sesungguhnya siapakah yang bersalah, pelayan pendidikan
ataukah peminat pendidikan.
Hakikat
kejiwaan manusia terwujud dengan adanya kekuatan-kekuatan serta aktivet-aktivet
kejiwaan dalam diri manusia, yang semua itu menghasilkan tingkah laku yang
lebih sempurna daripada makhluk-makhluk lain.
2.
Psikologi
dalam Pendidikan
Semua
pihak yang terlibat dalam proses pendidikan perlu mengarahkan perhatian kepada
sifat dan hakikat anak didik, sehingga pelayanan pengajaran membuahkan
pribadi-pribadi yang berkembang secara wajar dan efektif. Dalam hal ini
penerapan psikologi terutama psikologi belajar memerlukan pemikiran yang
mendalam, agar pelayanan atau perlakuan pendidik terhadap anak didik sesuai
dengan sifat dan hakikat anak didik.
3.
Pokok-Pokok
Pembahasan Psikologi Pendidikan
Psikologis
dalam proses pendidikan adalah terletak pada anak didik, sebab pendidikan pada
hakikatnya adalah pelayanan bagi anak didik. Agar pelayanan itu merubah tingkah
laku anak didik ke arah perkembangan pribadi yang optimal, maka pelayanan itu
hendaknya sesuai dengan sifat dan hakikat anak didik. Hal ini merupakan inti
pembahasan dari psikologi pendidikan.
BAB II : SIFAT DAN
HAKEKAT KEJIWAAN MANUSIA
1.
Kekuatan-Kekuatan
Umum Jiwa Manusia
Plato
(428-348 S.M) mengungkapkan, bahwa jiwa manusia terdiri atas tiga kekuatan,
yaitu :
a. Akal
sebagai kekuatan terpenting dari jiwa manusia.
b. Spirit
sebagai kekuatan penggerak kehidupan pribadi manusia.
c. Nafsu
sebagai stimuli gerakan fisis dan kejiwaan dan merupakan kekuatan paling
kongkrit dalam diri manusia.
Dalam
usaha menerangkan hakikat manusia, John Locke (1632-1704) menekankan pembahasan
tentang akal sebagai gudang dan pengembang pengetahuan. Menurut John Locke, ada
dua kekuatan akal manusia, yaitu :
a. Kekuatan
berpikir yang disebut pengertian.
b. Kekuatan
kehendak yang disebut kemauan.
2.
Aktivitas-aktivitas
Kejiwaan
Psikologi
mempersoalkan tingkah laku manusia, baik yang teramati maupun tidak teramati.
Para pendidik perlu memahami kekuatan-kekuatan jiwa manusia, maka merekapun
perlu mengetahui hukum-hukum psikologis yang mendasari setiap aktivitas manusia
yang dalam hal ini, yaitu anak didik. Pada uraian ini, akan dikemukakan
beberapa aktivitas kejiwaan yang berhubungan dengan psikologi pendidikan saja.
a.
Pengamatan.
(dalam hal ini pengamatan indera)
Organ-organ
indera yang ada pada diri manusia disebut “modalitet pengamatan”. Pengamatan
merupakan fungsi sensoris yang memungkinkan seseorang menangkap stimuli dari
dunia nyata sebagai bahan yang teramati. Aspek-aspek pengaturan itu berupa
sudut-sudut tinjauan sebagai berikut :
1. Pengaturan
menurut sudut tinjauan ruang.
2. Pengaturan
menurut sudut tinjauan waktu.
3. Pengaturan
menurut sudut tinjauan Gestalt.
4. Pengaturan
menurut sudut tinjauan arti.
b.
Tanggapan.
Tanggapan
didefinisikan sebagai bayangan yang menjadi kesan yang dihasilkan dari
pengamatan. Ada tiga macam tanggapan, yaitu :
1) Tanggapan
masa lampau yang sering disebut sebagai tanggapan ingatan.
2) Tanggapan
masa sekarang yang dapat disebut sebagai tanggapan imaginatif.
3) Tanggapan
masa mendatang yang dapat disebut sebagai tanggapan intisipasif.
Tanggapan
yang lemah adalah secara statis diam, sedangkan tanggapan yang kuat adalah
lebih besar kecenderungannya untuk muncul kembali ke alam kesadaran. Tanggapan
yang muncul ke alam kesadaran mendapat dukungan atau mungkin juga rintangan
dari tanggapan lain.
Oleh
karena begitu pentingnya peranan tanggapan bagi tingkahlaku, maka pendidikan
hendaknya mampu mengembangkan dan mengontrol tanggapan-tanggapan yang ada pada
anak didik, sehingga dengan demikian akan berkembang suatu kondisi motivatif
bagi perbuatan belajar anak didik.
c.
Fantasi.
Dapat
dibedakan atas :
1) Fantasi
sengaja atau yang didasari.
Fantasi sengaja ini dapat
dibagi lagi menjadi dua macam, yaitu :
a) Fantasi
sengaja secara pasif.
b) Fantasi
sengaja secara aktif.
Baik
fantasi sengaja maupun fantasi tak sengaja, keduanya dapat bersifat
mengabstraksikan, mendeterminasikan, ataupun mengombinasikan. Maka, pendidikan
hendaknya berusaha mengembangkan fantasi anak didik secara sehat, misalnya
melalui kegiatan-kegiatan ekspresif.
d.
Ingatan.
Fungsi
ingatan meliputi tiga aktivitet, yaitu :
1) Mencamkan,
yaitu menangkap atau menerima kesan-kesan.
2) Menyimpang
kesan-kesan.
3) Memproduksi
kesan-kesan.
Sifat-sifat
daripada ingatan yang baik adalah : cepat, setia, kuat, luas, dan siap. Usaha
memperjelas struktur bahan dapat dilakukan misalnya dengan jalan membuat
ikhtisar, rangkuman, singkatan, penggolongan secara ritme (untuk nada suara),
penggolongan secara katagoris yang bermakna (untuk bilangan dan perhitungan
matematis). Retensi menunjukkan hal mengingat dan lupa yang keduanya hanya merupakan
sudut tinjauan yang berbeda tentang sesuatu yang satu. Untuk itu, subyek
hendaknya mampu membagi dan memanfaatkan waktu dengan baik.
Pendidikan
hendaknya memperhatikan kemungkinan serta kondisi ingatan anak didik. Bahwa,
masing-masing individu adalah unik, maka daya ingatan masing-masing anak
didikpun berbeda-beda, dan pendidik hendaknya menyadari hal ini dengan
penerapan metode belajar-mengajar yang tepat, pembagian waktu belajar yang
tepat, serta penciptaan kondisi-kondisi belajar yang menunjang.
e.
Pikiran
Pikiran
diartikan sebagai kondisi letak hubungan antar bagian pengetahuan yang telah
ada dalam diri yang dikontrol oleh akal. Berpikir merupakan proses yang dinamis
yang menempuh tiga langkah berpikir, yaitu :
1) Pembentukan
pengertian.
2) Pembentukan
pendapat.
Dapat dirumuskan secara
verbal berupa :
-
Pendapat menolak.
-
Pendapat menerima/
mengiyakan.
-
Pendapat asumtif.
3) Pembentukan
keputusan.
Dapat dibedakan atas :
-
Keputusan Induktif.
-
Keputusan Deduktif.
-
Keputusan Analogis.
Setiap
keputusan yang kita ambil merupakan hasil pekerjaan akal melalui pikiran.
Pendidikan hendaknya memberikan bimbingan sebaik-baiknya bagi perkembangan akal
anak didik. Hal ini memerlukan bimbingan yang tepat dan kontinyu terhadap cara
bekerjanya akal anak didik.
f.
Perhatian.
Ditinjau
dari segi kepentingan pendidikan dan belajar, pemilihan jenis perhatian yang
efektif untuk memperoleh pengalaman belajar adalah hal yang penting bagi subyek
yang belajar.
Salah
satu usaha untuk membimbing perhatian anak didik, yaitu melalui pemberian
rangsang atau stimuli yang menarik perhatian anak didik. Usaha-usaha lainnya yang dapat dilakukan dalam membimbimg
perhatian anak didik, yaitu penggunaan metode penyajian pelajaran yang dapat
diterima oleh anak didik. Macam-macam perhatian yang tepat dilakukan dalam
belajar, yaitu :
1) Perhatian
intensif.
2) Perhatian
yang disengaja.
3) Perhatian
spontan.
g.
Perasaan.
Perasaan
itu bersifat subyektif karena lebih banyak dipengaruhi oleh keadaan diri.
Perasaan pada umumnya bersangkutan dengan fungsi mengenal, artinya perasaan
dapat timbul karena mengamati, menanggap, membayangkan, mengingat, atau
memikirkan sesuatu. Perasaan juga berhubungan dengan keadaan dan peristiwa
jasmaniah.
Jenis-jenis perasaan :
1) Perasaan-perasaan
jasmaniah.
2) Perasaan-perasaan
rohaniah.
Perasaan
banyak mendasari dan juga mendorong tingkahlaku manusia. Perasaan-perasaan anak
didik hendaknya dikembangkan secara selaras (dalam hubungannya dengan situasi
belajar-mengajar), serta seimbang (dalam hubungannya dengan perkembangan
pribadi anak didik).
Keadaan
emosi yang stabil ataupun goncang mempengaruhi perasaan. Pendidikan hendaknya
mengenal serta mengusahakan stabilitet emosi anak didik. Perasaan anak dapat
diwujudkan dalam bentuk ekspresi.
h.
Kemauan.
Kemauan
diartikan sebagai kekuatan untuk memilih dan merealisir suatu tujuan. Kuat atau
lemahnya kemauan seseorang dilatarbelakangi oleh pengalaman atau hasil
belajarnya. Maka, pendidikan mempunyai peran penting dalam mengendalikan
kemauan anak didik untuk belajar lebih lanjut. Untuk itu, pendidikan hendaknya
mampu memberikan pengalaman belajar sedemikian rupa, sehingga pengalaman itu
memperkuat kemauan anak didik untuk belajar lebih lanjut.
BAB III
: PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MANUSIA
Istilah-istilah
“pertumbuhan” dan “perkembangan” sering digunakan orang secara
“interchangeably”, artinya kedua istilah itu dipakai secara silih berganti
dengan maksud yang sama.
1.
Hal
Pertumbuhan Pribadi Manusia
a.
Pengertian
pertumbuhan.
Ada
dua bagian kondisional pribadi manusia itu meliputi :
1) Bagian
pribadi material yang kuantitatif.
2) Bagian
pribadi fungsional yang kualitatif.
Bagian
pribadi material yang kuantitatif mengalami pertumbuhan, sedangkan bagian
pribadi fungsional yang kualitatif mengalami perkembangan. Pertumbuhan dapat diartikan
sebagai perubahan kuantitatif pada material sesuatu sebagai akibat dari adanya
pengaruh lingkungan. Arti pertumbuhan pribadi sebagai perubahan kuantitatif
pada material pribadi sebagai akibat dari adanya pengaruh lingkungan.
b.
Peristiwa
pertumbuhan pribadi manusia.
Pertumbuhan
pada masing-masing individu dalam segi proses terdapat hal umum yang sama,
tetapi dalam hal-hal yang khusus belum tentu sama. Pertumbuhan berlanjut terus
dengan adanya proses “division” dan “redivision” (pembagian sel dan pembagian/
pembelahan kembali pada sel-sel).
Kesamaan
material herediter dapat melahirkan individu-individu yang berbeda dalam
penampakan pisis. Pertumbuhan terjadi secara fisiologis terhadap material
kehidupan. Pertumbuhan material ternyata tidak hanya kuantitatif, tetapi juga
kualitatif.
c.
Hukum-hukum
yang mengatur pertumbuhan.
Hukum-hukum
berikut ini kiranya menambah pengetahuan kita tentang latar belakang keunikan
pribadi manusia, yang sebab-sebab keunikan setiap individu adanya latar belakang
proses pertumbuhannya, yaitu :
1) Pertumbuhan
adalah kuantitatif serta kualitatif.
2) Pertumbuhan
merupakan suatu proses yang berkesinambungan dan teratur.
3) Tempo
pertumbuhan adalah tidak sama.
4) Taraf
perkembangan berbagai aspek pertumbuhan adalah berbeda-beda.
5) Kecepatan
serta pola pertumbuhan dapat dimodifikasi oleh kondisi-kondisi di dalam dan di
luar badan.
6) Masing-masing
individu tumbuh menurut caranya sendiri yang unik.
7) Pertumbuhan
adalah kompleks, dan semua aspeknya saling berhubungan.
d.
Aspek-aspek
yang mempengaruhi pertumbuhan.
Pertumbuhan
yang menyangkut perubahan material dan struktur fisiologis, sangat dipengaruhi
oleh aspek-aspek tertentu yang mana aspek-aspek itu sendiri saling berhubungan.
Aspek-aspek tersebut meliputi :
1) Anak
sebagai keseluruhan.
2) Umur
mental anak mempengaruhi pertumbuhannya.
3) Permasalahan
tingkah laku sering berhubungan dengan pola-pola pertumbuhan.
4) Penyesuaian
pribadi dan sosial mencerminkan dinamika pertumbuhan.
e.
Pertumbuhan
fisik yang normal
Pertumbuhan
fisik berhubungan dengan perubahan tubuh. Pertumbuhan tidak selalu diikuti
dengan perkembangan. Pertumbuhan manusia dimulai dalam kandungan ketika
bertemunya dua sel “germ”, masing-masing adalah sperma dari pria dan ovum dari
wanita.
Dalam
pertumbuhan meliputi pertumbuhan kelenjar, pertumbuhan badan pada umumnya,
pertumbuhan sistem syaraf, dan pertumbuhan seksual. Mengenai tinggi badan anak
dapat ditafsirkan.
2.
Hal
Perkembangan Pribadi Manusia
a.
Pengertian
perkembangan.
Perkembangan
merupakan suatu perubahan, dan perubahan ini tidak bersifat kuantitatif,
melainkan kualitatif. Dengan demikian, kita boleh merumuskan pengertian
perkembangan pribadi sebagai perubahan kualitatif daripada setiap fungsi
kepribadian akibat dari pertumbuhan dan belajar.
Fungsi-fungsi
kepribadian manusia berhubungan dengan aspek jasmaniah dan aspek kejiwaan.
Setiap fungsi yang disebutkan di atas, baik yang jasmaniah maupun yang
kejiwaan, dapat mengalami perubahan.
b.
Hukum-hukum
perkembangan.
Hukum-hukum
perkembangan antara lain :
1)
Perkembangan
adalah kualitatif.
Perkembangan
tidak mengenai materi, melainkan mengenai fungsi.
2)
Perkembangan
sangat dipengaruhi oleh proses dan hasil daripada belajar.
Dengan
belajar, orang memperoleh pengalaman. Perkembangan pengetahuan, ketrampilan dan
sikap seseorang ini akan menentukan tingkat kedewasaan seseorang.
3)
Usia
ikut mempengaruhi perkembangan.
Dengan
bertambahnya usia, maka pertumbuhan seseorang berlangsung terus menuju kepada
tingkat kematangan-kematangan tertentu pada fungsi-fungsi jasmaniah.
4)
Masing-masing
individu mempunyai tempo perkembangan yang berbeda-beda.
Dalam
keadaan normal, perkembangan seseorang berlangsung dalam tempo tertentu yang
tidak mesti sama bila dibandingkan dengan tempo perkembangan orang lain.
5)
Dalam
keseluruhan periode perkembangan, setiap spesies perkembangan individu
mengikuti pola umum yang sama.
Setiap
individu berkembang dengan mengikuti pola umum yang sama, karena masing-masing
individu memiliki material serta fungsi-fungsi yang sama untuk bertumbuh.
6)
Perkembangan
dipengaruhi oleh hereditas dan lingkungan.
Faktor
hereditas dan lingkungan sama-sama penting bagi perkembangan individu.
Kenyataan ini mengharuskan pendidikan melakukan usaha-usaha :
a) Menciptakan
lingkungan belajar yang kondusif.
b) Memotivasi
kegiatan anak untuk belajar.
c) Membimbing
perkembangan anak ke arah perkembangan optimal.
7)
Perkembangan
yang lambat dapat dipercepat.
Perkembangan
seseorang dikatakan terlambat apabila pribadinya tidak berkembang sesuai dengan
pola perkembangannya sendiri yang normal.
8)
Perkembangan
meliputi proses individuasi dan integrasi.
Meskipun
pola tingkah laku individu pada mulanya bersifat umum, namun dengan majunya
pertumbuhan terjadilah perkembangan masing-masing fungsi yang tidak bersamaan.
Perkembangan juga merupakan proses intergrasi.
c.
Tahap-tahap
perkembangan pribadi manusia.
1)
Tahap-tahap
perkembangan fisiologis.
Perkembangan
fisiologis merupakan perubahan kualitatif terhadap struktur dan fungsi-fungsi
fisiologis. Menurut Sigmund Freud, kehidupan pribadi manusia pada dasarnya
adalah “libido seksualis”, mengemukakan pendapat bahwa pribadi manusia
mengalami perkembangan dengan dinamika yang tidak stabil sejak manusia
dilahirkan sampai usia 20 tahun.
2)
Tahap-tahap
perkembangan psikologis.
Perkembangan
psikologis pribadi manusia dimulai sejak masa bayi hingga masa dewasa.
3)
Tahap-tahap
perkembangan secara pedagogis.
Tahap-tahap
perkembangan pribadi manusia secara pedagogis dapat dikemukakan disini menurut dua
sudut tinjauan, yaitu dari sudut tinjauan teknis umum penyelenggaraan
pendidikan dan dari sudut tinjauan teknis khusus perlakuan pendidikan.
BAB IV : HEREDITAS DAN
LINGKUNGAN
1.
Pengertian
Hereditas.
Hereditas
diartikan sebagai pewarisan atau pemindahan biologis karakteristik individu
dari pihak orang tuanya. Hereditas pada individu berupa warisan “specific
genes” yang berasal dari kedua orang tuanya. Jadi, dasar herediter daripada
perbedaan individual adalah adanya kombinasi-kombinasi “genes” yang
mengakibatkan adanya perubahan-perubahan sifat “genes”.
2.
Pengertian
Lingkungan.
Lingkungan
sebenarnya mencakup segala material dan stimuli di dalam dan di luar diri
individu, baik yang bersifat fisiologis, psikologis, maupun sosial-kultural.
Dengan diperluasnya konsep tentang lingkungan ini, maka orangpun semakin
mengalami kesulitan dalam membedakan antara konsep lingkungan dengan konsep
hereditas.
3.
Pengaruh
Hereditas dan Lingkungan Terhadap Pertumbuhan Individu Manusia.
Beberapa
hasil penelitian oleh beberapa ahli biologi tentang pengaruh hereditas terhadap
pertumbuhan individu manusia :
a.
Penemuan
dari Abbot Gregor Mendel (1857)
Setiap
hasil pengamatan direkan oleh Mendel serta dianalisa dengan menghasilkan
kesimpulan yang terkenal dengan sebutan “Hukum Mendel”. Dunia ilmiah tidak
menaruh perhatian terhadap jasa Mendel ini. Hal ini disebabkan karena pada saat
itu manusia sedang dimabuk oleh teori Evolusi Darwin.
a.
Penemuan
dari Prof. Thomas Hunt Morgan (1907)
Berdasarkan
pengamatan Prof. Morgan terhadap pertumbuhan lalatnya, diperoleh kesan bahwa
hukum Mendel memang berlaku dalam kasus pertumbuhan lalat tersebut, akan tetapi
mekanisme hereditas yang terjadi tidaklah sesederhana apa yang telah
dikemukakan oleh Mendel.
b.
Proses
herediter dalam pertumbuhan
Mengenai
proses umum herediter ini telah banyak disinggung di dalam uraian-uraian
terdahulu. Kita tidak dapat menemukan kesamaan hereditas pada manusia
bersaudara kembar sekalipun.
Ada
dua macam anak kembar, masing-masing yaitu :
1) Fraternal
twins.
2) Indentical
twins.
c.
Pengaruh
lingkungan terhadap pertumbuhan
Tidak
semua perubahan yang terjadi pada sel-sel tubuh kita adalah semata-mata sebagai
mekanisme hereditas. Lingkungan sangat besar artinya bagi setiap pertumbuhan
fisik.
Semua
jenis tingkah laku dipengaruhi, baik oleh hereditas maupun lingkungan. Antara
hereditas dan lingkungan terjadi hubungan atau interaksi. Menurut pandangan
ini, hereditas dan lingkungan sama-sama menyumbang bagi pertumbuhan dan
perkembangan fisiologis dan bahkan juga tingkah laku individu secara “jointly”.
b.
Pengaruh
Hereditas dan Lingkungan terhadap Perkembangan Individual.
Setiap
perkembangan pribadi seseorang merupakan hasil interaksi antara hereditas dan
lingkungan. Menurut kebanyakan ahli jiwa, intelegensi termasuk kapasitas yang
diwariskan. Individu dan perkembangannya adalah produk dari hereditas dan
lingkungan.
Sifat-sifat
yang herediter sangat sukar dirubah, meskipun pada generasi-generasi berikutnya
diadakan modifikasi intensif. Sedangkan sifat-sifat yang tumbuh akibat pengaruh
lingkungan lingkungan relatif lebih mudah untuk diubah melalui
perbaikan-perbaikan pendidikan, sosial, dan politik. Berikut proporsi pengaruh
antara hereditas dan lingkungan terhadap perkembangan pribadi manusia, yaitu :
a. Pewarisan
sifat genius.
b. Penelitian
tentang pertumbuhan anak kembar.
c. Sumbangan-sumbangan
yang saling berhubungan dari hereditas dan lingkungan terhadap pertumbuhan dan
perkembangan individu.
BAB V
: TINJAUAN PSIKOLOGIS TENTANG BELAJAR
Manusia
yang ingin mempertahankan hidupnya, ia harus bertumbuh. Apabila manusia hidup
tidak berusaha untuk mengadakan perubahan-perubahan kualitatif terhadap
fungsi-fungsi pribadinya, maka ia akan layu sebelum berkembang. Usaha kita agar
kita senantiasa bertumbuh dan berkembang, yaitu kita harus belajar.
1.
Pengertian
tentang Belajar.
Banyak
orang yang beranggapan, bahwa yang dimaksud dengan belajar adalah mencari ilmu
atau menuntut ilmu. Perbedaan pendapat orang tentang arti belajar itu
disebabkan karena adanya kenyataan, bahwa perbuatan belajar itu sendiri bermacam-macam.
Dengan kenyataan diatas, terdapatlah banyak definisi belajar.
Belajar
merupakan proses dasar daripada perkembangan hidup manusia. Proses belajar itu
berbeda dengan proses kematangan. Kematangan adalah proses dimana tingkah laku
dimodifikasi sebagai akibat dari pertumbuhan dan perkembangan struktur serta
fungsi-fungsi jasmani. Apa yang dikerjakan akan sangat tergantung kepada
kebutuhan dan motivasinya. Dengan demikian, belajar itu berorientasi kepada
tujuan si belajar.
2.
Beberapa
Aktivitas yang Termasuk Belajar.
Belajar terarah kepada suatu tujuan.
Untuk mencapai suatu tujuan itu orang harus menentukan set belajar. Dengan set
belajar yang ditemukan, orang memilih berbagai alternatif tindakan, barulah
orang melaksanakan berbagai aktivitas untuk mencapai suatu tujuan.
a.
Gambaran
tentang set belajar.
Suatu
set adalah arah atau sikap terhadap pekerjaan. Manfaat daripada set belajar
adalah membuat si pelajar mempunyai kepekaan terhadap ketepatan berbagai
alternatif tindakan mencapai tujuan.
Dalam
setiap saat, kita memerlukan suatu set kegiatan untuk mempermudah atau
mempercepat pekerjaan mencapai tujuan. Sukalah bertanya kepada diri sendiri
serta mempelajari subyek kita untuk memperoleh jawabannya. Set belajar adalah
arah perhatian dalam interaksi bertujuan.
b.
Beberapa
aktivitas belajar.
Tindakan-tindakan
untuk mencapai tujuan sangat dipengaruhi oleh situasi. Situasi ini ikut
menentukan set belajar yang dipilih. Beberapa contoh aktivitas belajar dalam
beberapa situasi, yaitu :
1) Mendengarkan.
2) Memandang.
3) Meraba,
membau, dan mencicipi/ mencecap.
4) Menulis
atau mencatat.
5) Membaca.
6) Membuat
ikhtisar atau ringkasan, dan menggaris bawahi.
7) Mengamati
tabel-tabel, diagram-diagram, dan bagan-bagan.
8) Menyusun
paper atau kertas kerja.
9) Mengingat.
10) Berpikir.
11) Latihan
atau praktek.
3.
Faktor-faktor
yang Mempengaruhi Hal Belajar.
Faktor
yang mempengaruhi belajar ada dua, yaitu :
a.
Faktor-faktor
stimuli belajar.
Yaitu,
segala hal di luar individu yang merangsang individu itu untuk mengadakan
reaksi atau perbuatan belajar. Berikut yang berhubungan dengan faktor-faktor
stimuli belajar :
1) Panjangnya
bahan pelajaran.
2) Kesulitan
bahan pelajaran.
3) Berartinya
bahan pelajaran.
4) Berat-ringannya
tugas.
5) Suasana
lingkungan eksternal.
b.
Faktor-faktor
metode belajar.
Metode
mengajar yang dipakai oleh guru sangat mempengaruhi metode belajar yang dipakai
oleh pelajar. Faktor ini menyangkut hal-hal berikut :
1)
Kegiatan
berlatih atau praktek.
Kegiatan
berlatih dapat diberikan dalam dosis besar ataupun dosis kecil.
2)
“Overlearning”
dan “drill”.
“Overlearning”
dilakukan untuk mengurangi kelupaan dalam mengingat ketrampilan-ketrampilan
yang pernah dipelajari, tetapi dalam sementara waktu tidak dipraktekkan.
3)
Resitasi
selama belajar.
Kombinasi
kegiatan membaca dengan resitasi sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan
membaca maupun menghafalkan bahan pelajaran. Resitasi lebih cocok untuk
diterapkan pada belajar membaca atau belajar hafalan.
4)
Pengenalan
tentang hasil-hasil belajar.
Pengenalan
seseorang terhadap hasil atau kemajuan belajarnya adalah penting. Dengan
mengetahui hasil-hasil yang sudah dicapai, seseorang akan lebih berusaha
meningkatkan hasil belajar selanjutnya.
5)
Belajar
dengan keseluruhan dan dengan bagian-bagian.
Belajar
mulai dari keseluruhan ke bagian-bagian adalah lebih menguntungkan daripada
belajar mulai dari bagian-bagian. Kelemahan dari metode keseluruhan adalah
membutuhkan banyak waktu dan pemikiran sebelum belajar yang sesungguhnya
berlangsung.
6)
Penggunaan
modalitet indera.
Modalitet
indera yang dipakai oleh masing-masing individu dalam belajar tidak sama. Ada
tiga impresi yang penting dalam belajar, yaitu : oral, visual, dan kinestetik.
7)
Penggunaan
set dalam belajar.
Arah
perhatian seseorang sangat penting bagi belajarnya. Belajar tanpa set adalah
kurang efektif. Mengenai hal ini sudah dikemukakan pada bahasan terdahulu.
8)
Bimbingan
dalam belajar.
Bimbingan
dapat diberikan dalam batas-batas yang diperlukan oleh individu. Hal yang
penting, yaitu perlunya pemberian modal kecakapan pada individu.
9)
Kondisi-kondisi
insentif.
Insentif
adalah berbeda dengan motivasi. Insentif adalah obyek atau situasi eksternal
yang dapat memenuhi motif individu. Insentif-insentif diklasifikasikan menjadi
dua macam, yaitu :
a. Insentif
intrinsik.
b. Insentif
ekstrinsik.
Dari
dua macam insentif itu, yang lebih memajukan belajar individu adalah insentif
yang intrinsik.
c.
Faktor-faktor
individual.
Faktor-faktor
individual sangat besar pengaruhnya terhadap belajar seseorang. Faktor-faktor
individual itu menyangkut hal-hal berikut :
1) Kematangan.
2) Faktor
usia kronologis.
3) Faktor
perbedaan jenis kelamin.
4) Pengalaman
sebelumnya.
5) Kapasitas
mental.
6) Kondisi
kesehatan jasmani.
7) Kondisi
kesehatan rohani.
8) Motivasi.
BAB VI
: TINJAUAN TEORITIS TENTANG BELAJAR
Teori
belajar selalu bertolak dari sudut pandangan psikologi belajar tertentu. Di
dalam masa perkembangan psikologi pendidikan, muncullah secara beruntun
beberapa aliran psikologi pendidikan, masing-masing yaitu :
-
Psikologi behavioristik.
-
Psikologi kognitif.
-
Psikologi humanistik.
Dalam
setiap periode perkembangan aliran psikologi tersebut bermunculan teori-teori
tentang belajar, yaitu :
1.
Teori-teori
Belajar Psikologi Behavioristik
Beberapa
teori belajar dikemukakan oleh para psikolog behavioristik. Mereka berpendapat,
bahwa tingkah laku manusia itu dikendalikan oleh ganjaran (“reward”) atau
penguatan (“reinforcement”) dari lingkungan.
Guru-guru
berpendapat, bahwa tingkah laku murid-murid merupakn reaksi-reaksi terhadap
lingkungan mereka pada masa lalu dan masa sekarang, dan bahwa segenap tingkah
laku adalah merupakan hasil belajar.
a.
Teori-teori
yang mengawali perkembangan psikologi behavioristik.
Psikologi
behavioristik mulai mengalami perkembangan dengan lahirnya teori-teori tentang
belajar yang dipelopori oleh Thorndike, Pavlov, Watson, dan Guthrie. Pada
mulanya, pendidikan dan pengajaran di Amerika Serikat di dominasi oleh pengaruh
dari Thorndike (1874-1949).
Thorndike
mendasarkan teorinya atau hasil-hasil penelitiannya terhadap tingkah laku
berbagai binatang antara lain kucing, tingkah laku anak-anak dan orang dewasa.
Dalam hal itu, obyek mencoba berbagai cara bereaksi sehingga menemukan
keberhasilan dalam membuat koneksi sesuatu reaksi dengan stimulasinya. Dari
penelitiannya itu, Thorndike menemukan hukum-hukum :
1) “Law
of Readiness”.
2) “Law
of Exercise”.
3) “Law
of Effect”.
b. Skinner’s Operant
Conditioning.
Skinner
menganggap “reward” atau “reinforcement” sebagai faktor terpenting dalam proses
belajar. Skinner membagi dua jenis respon dalam proses belajar, yakni :
1) Respondents.
2) Operants.
Guru
berperanan penting di dalam kelas untuk mengontrol dan mengarahkan kegiatan belajar
ke arah tercapainya tujuan yang telah dirumuskan.
Jenis-jenis
stimuli :
1) Positive
reinforcement.
2) Negative
reinforcement.
3) Hukuman.
4) Primary
reinforcement.
5) Secondaru
or learned reinforcement.
6) Modifikasi
tingkah laku guru.
2.
Teori-teori
Belajar Psikologi Kognitif
Menurut
pendapat mereka, tingkah laku seseorang senantiasa didasarkan pada kognisi,
yaitu tindakan mengenal atau memikirkan situasi dimana tingkah laku itu
terjadi. Mereka memberi tekanan pada organisasi pengamatan atas stimuli di
dalam lingkungan serta pada faktor-faktor yang mempengaruhi pengamatan.
a.
Awal
pertumbuhan teori-teori belajar psikologi kognitif.
Psikologi
kognitif mulai berkembang dengan lahirnya teori belajar “Gestalt”. Kaum
Gestaltis berpendapat, bahwa pengalaman itu berstruktur yang terbentuk dalam
suatu keseluruhan. Suatu konsep yang penting dalam psikologi Gestalt adalah
tentang “insight”, yaitu pengamatan/ pemahaman mendadak terhadap
hubungan-hubungan antar bagian-bagian di dalam suatu situasi permasalahan.
b.
Teori
belajar “cognitive-field” dari Lewin.
Kurt
Lewin (1892-1947) mengembangkan suatu teori belajar, “cognitive-field” dengan
menaruh perhatian kepada kepribadian dan psikologi sosial. Lewin berpendapat,
bahwa tingkah laku merupakan hasil interaksi antar kekuatan-kekuatan, baik yang
dari dalam diri individu seperti tujuan, kebutuhan, tekanan kejiwaan, maupun
dari luar diri individu seperti tantangan dan permasalahan. Lewin memberikan
peranan yang lebih penting pada motivasi daripada reward.
c.
Teori
belajar “cognitive-development” dari Piaget.
Dalam
teorinya, Piaget memandang bahwa proses berpikir sebagai aktivitas gradual
daripada fungsi intelektual dari kongkrit menuju abstrak. Menurut Piaget,
pertumbuhan kapasitas mental memberikan kemampuan-kemampuan mental baru yang
sebelumnya tidak ada.
d.
Jerome
Bruner dengan “Discovery Learning”nya
Dasar
ide J. Bruner ialah pendapat dari Piaget yang menyatakan bahwa anak harus
berperanan secara aktif di dalam belajar di kelas. “Discovery learning”, yaitu
dimana murid mengorganisir bahan yang dipelajari dengan suatu bentuk akhir.
Bruner
menyebutkan hendaknya guru harus memberikan kesempatan kepada muridnya untuk
menjadi seorang problem solver, seorang scientist, historin, atau ahli
matematika. Biarkanlah murid-murid kita menemukan arti bagi diri mereka
sendiri, dan memungkinkan mereka untuk mempelajari konsep-konsep di dalam
bahasa yang dimengerti mereka.
3.
Teori-teori
Belajar dari Psikologi Humanistik
a.
Orientasi.
Perhatian
psikologi humanistik yang terutama tertuju pada masalah bagaimana tiap-tiap
individu dipengaruhi dan dibimbing oleh maksud-maksud pribadi yang mereka
hubungkan kepada pengalaman-pengalaman mereka sendiri.
b.
Awal
Timbulnya Psikologi Humanistik.
Pada
akhir tahun 1940-an muncullah suatu perspektif psikologi baru. Gerakan ini
berkembang, dan kemudian dikenal sebagai psikologi humanistik, eksestensial,
perceptual, atau fenomenologikal. Dalam dunia pendidikan, aliran humanistik
muncul pada tahun 1960 sampai dengan 1970-an.
c.
Behavioristik
Versus Humanistik.
Para
behavioristik memandang orang sebagai makhluk reaktif yang memberikan
responsnya terhadap lingkungannya. Sebaliknya, para humanist mempunyai pendapat
bahwa tiap orang itu menentukan perilaku mereka sendiri.
d.
Tokoh-tokoh
Humanistik :
1)
Combs.
Combs
dan kawan-kawan menyatakan bahwa apabila kita ingin memahami perilaku orang,
kita harus mencoba memahami dunia persepsi orang itu. Combs dan kawan-kawan
selanjutnya mengatakan bahwa perilaku buruk itu sesungguhnya tak lain hanyalah
dari ketidakmauan seseorang untuk melakukan sesuatu yang tidak akan memberikan
kepuasan baginya.
2)
Maslov.
Didasarkan
atas asumsi bahwa di dalam diri kita ada dua hal :
(1) Suatu
usaha yang positif untuk berkembang.
(2) Kekuatan
untuk melawan atau menolak perkembangan itu (Maslov 1968).
Maslov
membagi kebutuhan-kebutuhan (needs) manusia menjadi tujuh hirarki. Hirarki
kebutuhan manusia menurut Maslov ini mempunyai implikasi yang penting dan harus
diperhatikan oleh guru pada waktu ia mengajar anak-anak.
3)
Rogers.
Dalam
bukunya “Freedom to Learn”, ia menunjukkan sejumlah prinsip-prinsip belajar
humanistik yang penting, yaitu :
(1) Manusia
itu mempunyai kemampuan untuk belajar secara alami.
(2) Belajar
yang signifikan terjadi apabila subject matter dirasakan murid, mempunyai
relevansi dengan maksud-maksudnya sendiri.
(3) Belajar
yang menyangkut suatu perubahan di dalam persepsi mengenai dirinya sendiri –
dianggap mengancam dan cenderung untuk ditolaknya.
(4) Tugas-tugas
yang mengancam diri adalah lebih mudah dirasakan dan diasimilasikan apabila ancaman-ancaman
dari luar itu semakin kecil.
(5) Apabila
ancaman terhadap diri siswa rendah, pengalaman dapat diperoleh dengan berbagai
cara yang berbeda-beda dan terjadilah proses belajar.
BAB VII : HAL IKHWAL
INTELEGENSI KITA
1.
Pengertian
Intelegensi
Definisi
tentang intelegensi dikemukakan oleh Bischof, seorang psikolog Amerika (1954).
Bischof mengemukakan Intelegensi ialah kemampuan untuk memecahkan segala jenis
masalah.
Rumusan
definisi yang berbeda namun pengertiannya sama dengan definisi yang dikemukakan
oleh Bischof di atas dikemukakan oleh Heidenrich (1970) sebagai berikut :
(Intelegensi menyangkut kemampuan untuk belajar dan menggunakan apa yang telah
dipelajari dalam usaha penyesuaian terhadap situasi-situasi yang kurang
dikenal, atau dalam pemecahan masalah-masalah).
Dalam
dua definisi terakhir, tersirat bahwa intelegensi merupakan kemampuan “problem
solving” dalam segala situasi yang baru atau yang mengandung masalah.
2.
Teori-teori
tentang Intelegensi
a.
Teori
“Uni-Factor”.
Teori
ini dikenal pula sebagai teori kapasitas umum. Menurut teori ini, intelegensi
merupakan kapasitas atau kemampuan umum. Kapasitas umum itu timbul akibat
pertumbuhan fisiologis ataupun akibat belajar.
b.
Teori
“Two-Factors”.
Teori
Spearman itu terkenal dengan sebutan “Two Kinds of Factors Theory”. Spearman mengembangkan
teori intelegensi berdasarkan suatu faktor mental umum yang diberi kode “s”.
c.
Teori
“Multy-Factors”.
Teori
intelegensi multi faktor dikembangkan oleh E. L. Thorndike. Jadi, intelegensi
menurut teori ini adalah jumlah koneksi aktual dan potensial di dalam sistem
syaraf.
d.
Teori
“Primary-Mental-Abilities”.
Menurut
teori “Primary-Mental-Abilities” ini, intelegensi merupakan penjelmaan daripada
ketujuh kemampuan primer. Para ahli lain menyoroti teori ini sebagai teori yang
mengandung kelemahan karena menganggap adanya pemisahan fungsi atau kemampuan
pada mental individu.
e.
Teori
“Sampling”.
Godfrey
H. Thomson pada tahun 1916 mengajukan sebuah teorinya yang disebut teori
sampling. Menurut teori ini, intelegensi merupakan berbagai kemampuan sampel.
Intelegensi berupa berbagai kemampuan yang overlapping.
3.
Beberapa
Masalah yang Berhubungan dengan Intelegensi
Pembicaraan
tentang intelegensi telah mengundang berbagai masalah. Berikut ini dikemukakan
beberapa masalah tentang intelegensi, yaitu :
a.
Pengukuran
Intelegensi.
Sejak
tahun 1905, Alfred Binet telah mengembangkan suatu cara untuk mengukur
intelegensi. Binet terus mengadakan penyempurnaan, yang kemudian mendapat
bantuan dari St. Simon. Hasil usaha mereka itu kemudian diterbitkan pada tahun
1908 yang kemudian terkenal dengan sebutan “Tes Binet Simon”.
Tes
ini memperhitungkan dua hal, yaitu :
1) Umur
kronologis.
2) Umur
mental.
Dalam
membuat rumus pengukuran intelegensi, Binet menggunakan pedoman selisih tetap.
Cara pengukuran intelegensi tersebut disempurnakan lagi oleh Binet pada tahun
1911 dengan terbitnya tes intelegensi Binet-Simon yang kemudian dipakai orang
hingga sekarang.
Menurut
cara baru yang telah dikembangkan oleh Binet, perhitungan ukuran intelegensi
menggunakan pedoman perbandingan tetap antara umur kronologis dengan umur
mental seseorang.
b.
Apakah
orang-orang dalam berbagai kelas sosial atau kelompok jabatan menunjukkan
tingkat-tingkat intelegensi yang berbeda ?
1)
Intelegensi
Orang-orang dari Berbagai Kelas Sosial.
Secara
umum, lingkungan fisik dan sosial ikut menentukan taraf intelektual manusia.
Fakta yang lebih aktual yang menjawab masalah “apakah orang-orang dari berbagai
kelas sosial menunjukkan tingkat-tingkat intelegensi yang berbeda” dikemukakan
oleh Wireman. Untuk memperkuat fakta di atas, Wiseman menyajikan kesimpulan
penelitian yang dilaksanakan oleh Lesser, Feifer, dan Clark (G. S. Lesser, G.
Feifer & D. H. Clark).
2)
Intelegensi
Orang-orang dari Berbagai Kelompok Jabatan.
Beberapa
ahli telah berusaha memperoleh fakta mengenai hubungan antara berbagai kelompok
jabatan dengan intelegensi. Sangat sulit bagi kita untuk mengatakan, bahwa
orang-orang dalam berbagai kelompok jabatan menunjukkan tingkat-tingkat
intelegensi yang berbeda.
c.
Apakah
tingkat-tingkat intelegensi anak-anak berhubungan dengan tingkat-tingkat
intelegensi orang tua mereka ?
Intelegensi
anak dapat diperoleh sebagai warisan dari orang tuanya. Tingkat intelegensi
anak, disamping ditentukan oleh hereditas dari orang tua juga dapat melalui “material
justification”.
d.
Seberapa
jauh pendidikan dapat meningkatkan intelegensi ?
Intelegensi
pada anak-anak yang masih muda mengalami peningkatan secara material apabila
mereka sebelumnya telah memiliki pengalaman belajar yang menstimulir
aktivitas-aktivitas berlatih seperti yang diberikan dalam pendidikan
kanak-kanak.
Kenyataan
menunjukkan, bahwa dalam lingkungan yang sama dengan latihan yang sama, dan
seringkali dengan latar belakang keluarga yang sama pula, anak-anak dapat memiliki
perbedaan dalam hal IQ.
e.
Adakah
klasifikasi tingkatan kapasitas intelektual dan apakah yang menjadi ketentuan
intelegensi “normal” ?
Dengan
bertumbuhnya pengetahuan tentang intelegensi, sudah ada beberapa ahli yang
menemukan klasifikasi tingkatan kapasitas intelektual manusia menurut strata
skor IQ-nya. Dengan pertambahan usia anak, maka anak mengalami peningkatan
intelegensi.
f.
Seberapa
jauh hereditas dapat menentukan batas-batas intelegensi seseorang ?
Hereditas
bukanlah penentu yang fix antara intelegensi.
g.
Apakah
kondisi tubuh yang jelek menghasilkan mental yang jelek pula ?
Berdasarkan
penelitian, ternyata orang-orang yang ber-IQ tinggi cenderung lebih sehat
jasmaninya, dan pertumbuhannya pun lebih subur bila dibandingkan dengan
orang-orang yang IQ-nya lebih rendah.
h.
Apakah
penyakit yang diderita seseorang menghambat perkembangan mentalnya ?
Penyakit-penyakit
tertentu yang menyerang otak atau sistem syaraf dapat mengurangi IQ, tetapi
tidaak selalu demikian.
i.
Apakah
intelegensi wanita itu lebih rendah, lebih tinggi, ataukah sama dengan
intelegensi kaum pria ?
Selama
antara pria dan wanita terdapat perbedaan fisik dan psikis, latihan,
pengalaman, pola hidup, kebutuhan dan minatnya, maka kita hanya akan mendapati
kenyataan, bahwa tes-tes intelegensi
tidak akan mengukur secara akurat tentang perbandingan antara kapasitas
mental wanita dengan kapasitas mental pria. Dengan demikian, kita masih
mengalami kesulitan untuk mengatakan, bahwa wanita lebih rendah, atau sama atau
lebih superior daripada pria dalam hal intelegensi.
j.
Apakah
perbedaan ras dan kebangsaan menentukan perbedaan intelegensi ?
Untuk
membandingkan intelegensi antara orang-orang dari berbagai ras atau kebangsaan
yang berbeda, orang masih harus mempertimbangkan latar belakang ekonomi serta
status kultural pada masing-masing keluarga.
k.
Mengapa
ilmu pengetahuan belum dapat menjelaskan secara tegas mengenai pewarisan
intelegensi ?
Dapat
dijelaskan oleh karena :
1) Dengan
adanya berbagai definisi dan teori tentang intelegensi.
2) Hingga
pada saat ini, kita belum memiliki alat ukur yang cermat untuk mengetahui IQ
seseorang.
l.
Berdasarkan
intelegensinya, apakah yang menentukan pilihan antara bayi A anak wanita
pekerja harian dan bayi B anak wanita pengarang dan seorang dokter ?
Selama
fakta-fakta penelitian belum mampu menjelaskan persoalan intelegensi, kita
memerlukan bantuan dari para ahli genetika, antropologi, psikologi, psikiatri.
Pendapat dari para ahli terbagi menjadi dua arah, yaitu :
1) Tidak
menentukan pilihan.
2) Memberikan
alternatif pemikiran.
m.
Hal-ihwal
lain mengenai intelegensi.
Teori
yang ada melihat intelegensi berasal dari salah satu pandangan, yaitu :
1) Unitary
Trait.
2) Specific
Abilities (kelompok yang menekan adanya kemampuan-kemampuan khusus).
Modalitas
Penginderaan : sistem interaksi dengan lingkungan dengan menggunakan salah satu
indera dasar : rasa, pandang, dengar, peraba, dan pembau.
Perbedaan
Individual dalam Jenis Belajar, didasarkan pada :
1) Tempo
Belajar (lambat atau cepat).
2) Belajar
Mandiri.
3) Sifat
Suka Memperhatikan.
4) Reaksi
terhadap Situasi Baru.
5) Memikirkan
Model Belajar Mengajar.
BAB VIII : PENTINGNYA
PENGENALAN TENTANG ANAK DIDIK DALAM PENDIDIKAN.
1.
Penyebab
Pengenalan tentang Anak Didik Itu Penting.
Salah
satu tujuan dari pendidikan adalah menolong anak mengembangkan potensinya
semaksimal mungkin, dan oleh karena itu pendidikan sangat menguntungkan baik
bagi anak maupun bagi masyarakat.
Bimbingan
merupakan sebagian dari pendidikan, yang menolong anak tidak hanya mengenal
diri serta kemampuannya tetapi juga mengenal dunia di sekitarnya. Dengan
singkat, bimbingan yang benar dan yang dapat berhasil harus didasarkan pada
pengenalan terhadap dan tentang anak didik yang dibimbingnya.
2.
Pengenalan
pada Diri Masing-Masing Anak Didik.
Kita
harus mengenal hal-hal yang umum yang terdapat pada semua anak, dan hal-hal
yang unik dan khusus.
Faktor-faktor
umum yang perlu dikenal, ialah :
a. Hakekat
Anak.
b. Kebutuhan
Pokok Anak.
c. Langkah-Langkah
Perkembangan.
d. Integrasi
Pengalaman dalam Kepribadian.
Setiap
anak dibentuk juga oleh lingkungan dan pengalaman-pengalaman. Pengertian dari
pengetahuan (pengenalan) pembimbing tentang anak tergantung pada pengetahuan
dan pengenalan yang diperolehnya dalam suatu konteks, atau situasi. Mengenal
tidak hanya berarti atau meliputi pengumpulan data-data dan tingkah laku
tentang anak, karena “data” itu sendiri hanya dapat digunakan dengan baik
jikalau bertalian dengan situasi dan waktu dimana fakta-fakta tersebut telah
diperoleh.
Semua
orang yang ikut berpartisispasi dalam proses pendidikan dan pengajaran anak,
hendaknya mengenal pribadi anak didik. Jadi, kesimpulannya adalah semakin tua
mengenal diri sendiri, semakin kita dapat mengenal orang lain. Semakin kita
terampil mengembangkan dan mengubah diri sendiri, semakin kita berhasil
menolong orang mengembangkan diri.
BAB IX : “READINESS”
DALAM HAL BELAJAR
1.
Pengertian
dan Prinsip-Prinsip Pembentukan Readiness.
Seseorang
baru dapat belajar tentang sesuatu apabila di dalam dirinya sudah terdapat
“readiness” untuk mempelajari sesuatu itu. Ada orang yang mengartikan readiness
sebagai kesiapan atau kesediaan seseorang untuk berbuat sesuatu.
Readiness
dalam belajar melibatkan beberapa faktor yang bersama-sama membentuk readiness,
yaitu :
1) Perlengkapan
dan pertumbuhan fisiologis.
2) Motivasi
yang menyangkut kebutuhan, minat, serta tujuan-tujuan individu.
Dengan
demikian, readiness seseorang itu senantiasa mengalami perubahan setiap hari
sebagai akibat daripada pertumbuhan dan perkembangan fisiologis individu serta
adanya desakan-desakan dari lingkungan seseorang tersebut.
Dari
uraian di atas, kita mengetahui bahwa readiness seseorang itu merupakan
sifat-sifat dan kekuatan pribadi yang berkembang. Apa yang telah dicapai oleh
seseorang pada masa-masa yang lalu akan mempunyai arti bagi aktivitas-aktivitasnya
sekarang.
2.
Kematangan
sebagai Dasar daripada Pembentukan Readiness.
Individu
mengalami pertumbuhan material jasmaniahnya. Kondisi fisik mempengaruhi
interaksi sosial individu, sedangkan kehidupan sosial dapat memberikan
pengalaman yang dipakai oleh individu dalam usaha melestarikan pertumbuhan
dalam hidupnya.
Superioritas
jasmaniah tidak berarti menjadikan superioritas tingkahlaku. Perubahan
jasmaniah memerlukan bantuan “motor learning” agar pertumbuhan itu mencapai
kematangan.
a.
Dasar-dasar
biologis tingkahlaku.
Tingkahlaku
individu didasari oleh pertumbuhan biologisnya. Sistem syaraf merupakan
penggerak tingkahlaku manusia secara biologis. Pusat sistem syaraf terdiri dari
otak dan sumsum tulang belakang.
b.
Perubahan-perubahan
dalam otak yang menimbulkan kematangan.
Tingkahlaku
belajar memerlukan kematangan fisik, termasuk kematangan fungsi otak.
Perkembangan struktur dan fungsi otak tampak sempurna atau hampir sempurna pada
saat anak tiba saatnya masuk sekolah dasar.
3.
Lingkungan
atau Kultur sebagai Penyumbang Pembentukan Readiness
Stimulasi
lingkungan serta hambatan-hambatan mental individu mempengaruhi perkembangan
mental, kebutuhan, minat, tujuan-tujuan, perasaan, dan karakter individu yang
bersangkutan.
Dalam
perkembangan kehidupan individu, lingkungan yang dihadapi atau direaksi semakin
luas. Meluasnya lingkungan dapat melalui beberapa cara, antara lain :
1) Perluasan
paling nyata adalah dalam arah stimulasi fisik anak.
2) Manusia
yang mengalami perkembangan kapasitas intelektual.
3) Perubahan
lingkungan di dalam kemampuan individu membuat keputusan.
BAB X
: MOTIVASI BAGI BELAJAR MANUSIA
1.
Kesadaran
tentang Pentingnya Motivasi bagi Perubahan Tingkahlaku Manusia
Guru-guru
sangat menyadari pentingnya motivasi di dalam membimbing belajar murid. Bukan
hanya sekolah-sekolah yang berusaha memberi motivasi tingkahlaku manusia ke
arah perubahan tingkahlaku yang diharapkan.
Dari
uraian di atas, ternyata kesadaran tentang pentingnya motivasi bagi perubahan
tingkahlaku manusia telah dimiliki, baik oleh para pendidik, para orang tua
murid maupun masyarakat.
2.
Masalah
Memotivasi Siswa dalam Belajar
Masalah
memotivasi siswa dalam belajar, merupakan masalah yang kompleks. Guru hendaknya
mengetahui prinsip-prinsip motivasi yang dapat membantu pelaksanaan tugas
mengajarnya, meskipun tidak ada pedoman khusus yang pasti.
3.
Beberapa
Pengertian Motivasi
a.
Contoh
Ilustratif.
Tingkahlaku
prestasi setiap orang itu sama, tetapi motivasi daripada tingkahlaku setiap
individu berbeda. Ada yang mementingkan prestasi sebagai tujuan, sedangkan ada
orang yang lebih mementingkan pengetahuan untuk menjadi insinyur.
b.
Motivasi
Tersimpul dari Tingkahlaku.
Dalam
penjelasan tentang contoh ilustratif, perbedaan antara orang yang satu dengan
yang lain adalah dalam hal motivasi. Motivasi pada diri seseorang dapat kita
interpretasikan dari tingkahlakunya. Perbedaan antara tingkahlaku yang nampak
dengan proses-proses yang terjadi, adalah penting untuk diperhatikan.
c.
Kesimpulan-Kesimpulan
Reliabel Mengenai Motivasi.
Sebelum
kita menyimpulkan “motivasi” yang kita amati dari tingkahlaku, kita hendaknya
memperhatikan sampel-sampel tingkahlaku seseorang. Tentang motivasi di atas,
dibedakan menjadi dua prinsip penting, yaitu :
1) Motivasi
adalah suatu proses di dalam individu.
2) Kita
menentukan diri daripada proses ini dengan menyimpulkan dari tingkahlaku yang
dapat diamati.
Ketepatan
daripada kesimpulan tersebut bergantung kepada reliabilitas pengamatan kita.
d.
Salah
satu Definisi tentang Motivasi.
Mc.
Donald memberikan sebuah definisi tentang motivasi sebagai suatu perubahan
tenaga di dalam diri/ pribadi seseorang yang ditandai oleh dorongan efektif dan
reaksi-reaksi dalam usaha mencapai tujuan. Definisi ini berisi tiga hal, yaitu
:
1) Motivasi
dimulai dengan suatu perubahan tenaga dalam diri seseorang.
2) Motivasi
itu ditandai oleh dorongan afektif.
3) Motivasi
ditandai oleh reaksi-reaksi mencapai tujuan.
4) Beberapa
pendapat tentang motivasi.
4.
Beberapa
pendapat tentang motivasi.
a.
James
O Whittaker tentang Motivasi
Motivasi
adalah kondisi-kondisi atau keadaan yang mengaktifkan atau memberi dorongan
kepada makhluk untuk bertingkahlaku mencapai tujuan yang ditimbulkan oleh
motivasi tersebut.
b.
Pendapat
Thorndike
Belajar
dengan “trial-and-error” dimulai dengan adanya beberapa motif yang mendorong
keaktifan.
c.
Pendapat
Ghuthrie
Motivasi
hanyalah menimbulkan variasi respon pada individu, dan bila dihubungkan dengan
hasil belajar, motivasi tersebut bukan instrumental dalam belajar.
d.
Pendapat
Clifford T. Morgan
Motivasi
bertalian dengan tiga hal yang sekaligus merupakan aspek-aspek daripada
motivasi, yaitu : keadaan yang mendorong tingkah laku, tingkah laku yang
didorong oleh keadaan tersebut, dan tujuan daripada tingkah laku tersebut.
e.
Pendapat
Frederick J. McDonald
Proses
timbul/tumbuhnya motivasi mengikuti pola berikut :
Drives—Needs—Motives—Motivasi
Kelakuan.
5.
Kupasan
tentang Elemen-Elemen dari Pafa Motivasi.
Pada
dasarnya, motivasi memiliki dua elemen, yaitu :
a.
Elemen
Dalam (“inner component”)
Elemen
dalam ini berupa perubahan yang terjadi di dalam diri seseorang, berupa keadaan
tidak puas, atau ketegangan psikologis.
b.
Elemen
Luar (“outer component”)
Elemen
luar daripada motivasi adalah tujuan yang ingin dicapai oleh seseorang.
Peristiwa terbentuknya elemen dalam dan elemen luar daripada motivasi adalah
serempak, elemen yang satu mendahului, segera setelah itu diikuti oleh elemen
yang lain.
6.
Perbedaan
tentang Motives, Needs, Drives.
Kita
telah membicarakan pengertian umum dari motivasi. Needs menerangkan
kecenderungan yang relatif permanen di dalam diri seseorang yang termotivasi
dengan cara-cara tertentu, dan kita mengetahuinya dari tingkahlakunya untuk
mencapai tujuan.
Sedangkan
Drives adalah suatu kondisi neurofisiologis yang timbul, yaitu perubahan di
dalam struktur neurofisiologis seseorang yang menjadi dasar organik bagi
perubahan tenaga yang disebut “motivasi”. Kita harus mengetahui akibat-akibat
perubahan neurofisiologis terhadap motivasi tingkahlaku.
BAB XI : PEMIKIRAN KE
ARAH APLIKASI PSIKOLOGI BELAJAR
1.
Implikasi
Teori-Teori Belajar dari Psikologi Behavioristik.
a.
Prosedur-prosedur
pengembangan tingkahlaku baru.
Ada
dua metode dalam mengembangkan pola tingkahlaku baru, yaitu :
1)
Shaping
Kebanyakan
yang diajarkan di sekolah-sekolah adalah tingkahlaku yang kompleks, bukan hanya
“simple response”. Proses respon terminal dimulai dengan penetapan tujuan,
kemudian diadakan analisa tugas, langkah-langkah kegiatan murid, dan
reinforcement terhadap respon yang diinginkan.
2)
Modelling
Modelling
adalah suatu bentuk belajar yang tidak dapat disamakan dengan classical
conditioning maupun operant conditioning. Modelling dapat terjadi, baik dengan
“direct reinforcement” maupun dengan “vicarious reinforcement”.
b.
Prosedur-prosedur
pengendalian atau perbaikan tingkahlaku.
1) Memperkuat
tingkahlaku bersaing.
2) Ekstingis.
3) Satiasi.
4) Perubahan
lingkungan stimuli.
5) Hukuman.
c.
Langkah-langkah
dasar modifikasi tingkahlaku.
Berikut
ini adalah langkah-langkah bagi guru dalam mengadakan analisa dan modifikasi
tingkahlaku, yaitu :
1) Rumuskan
tingkahlaku yang dirubah secara operasional.
2) Amatilah
frekuensi tingkahlaku yang perlu dirubah.
3) Ciptakan
situasi belajar atau treatment sehingga terjadi tingkahlaku yang diinginkan.
4) Identifikasilah
“reinforcers” yang potential.
5) Perkuatlah
tingkahlaku yang diinginkan, dan jika perlu gunakan prosedur-prosedur untuk
memperbaiki tingkahlaku yang tidak pantas.
6) Rekan/
catatlah tingkahlaku yang diperkuat untuk menentukan kekuatan-kekuatan atau
frekuensi respon yang telah ditingkatkan.
d. Pengajaran
Terprogram.
Pengajaran
terprogram menerapkan prinsip-prinsip “operant conditioning” bagi pelajar
manusia di sekolah. Program dapat tertuang dalam buku-buku, mesin-mesin
mengajar, atau komputer (Computer Asisted Instruction).
Pada
tahun 1950, pengajaran terprogram telah dipraktekkan. Sejak akhir tahun 1950
s/d 1960, bentuk pengajaran ini mengalami banyak kritik dan ulasan, sehingga
pada tahun 1970 para pendidik menyimpulkan, bahwa pengajaran terprogram dapat
dipakai, namun peranan di masa mendatang adalah melengkapi program pengajaran
guru.
Ada
bermacam-macam pengajaran terprogram, antara lain :
1) Program
Linier.
2) Program
Intrinsik atau “branching program”.
e.
Program-program
Pengajaran Individual.
Prinsip-prinsip
pengajaran terprogram telah diterapkan dalam program-program pengajaran
individual. Sejak tahun 1960, program-program itu dilaksanakan pada
sekolah-sekolah di seluruh Amerika Serikat. Tiap-tiap unit belajar-mengajar
dimulai dengan tujuan belajar yang akan dicapai oleh murid, baru kemudian
aktivitas belajarnya.
f.
Analisa
Tugas.
Salah
satu fungsi guru yang terpenting setelah ia menentukan tujuan ialah menganalisa
tugas. Dalam proses analisa tugas kita harus mengestimasi “entry behavior”
murid.
g.
Suatu
Pendekatan Belajar Tuntas.
Bloom
(1968), mengemukakan penguasaan belajar murid-murid. Strategi Bloom berbeda
dari pengajaran kelas konvensional karena menekankan :
1) Penguasaan
unit-unit belajar kecil.
2) Penggunaan
tes diagnostik.
3) Prosedur-prosedur
korektif untuk mengatasi kesulitan belajar murid.
Blook
(1973) mengemukakan bukti, bahwa program-program belajar tuntas mengembangkan
minat dan sikap positif terhadap mata pelajaran.
h.
Pemikiran
tentang Modal Belajar-Mengajar.
Model
belajar-mengajar menunjukkan, bahwa perbedaan individual akan mempengaruhi
keputusan-keputusan metodologi guru. Analisa tugas berguna untuk perencanaan
program pendidikan individual sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan khusus murid. Akhir-akhir
ini para psikolog telah menerapkan konsep-konsep kognitif dan humanistik untuk
mengembangkan pendekatan yang disebut cognitive behavior modification.
2.
Implikasi
Teori-Teori Belajar Psikologi Kognitif.
Ahli
psikologi belum puas dengan penjelasan yang terdahulu
(stimulus-response-reinforcement). Tiga tokoh penting pengembang teori
psikologi kognitif, yaitu :
1) Piaget.
2) Bruner.
3) Ausubel.
a.
Psikologi
Gestalt dalam Praktek.
Dua
hukum pokok Gestalt, yaitu :
1. Pragnaz.
2. Closure.
Psikologi
Gestalt ini kemudian dikembangkan oleh Kurt Lewin dengan “cognitive-field
psychology”-nya. Psikologi Gestalt menyusun belajar itu ke dalam pola-pola
tertentu. Jadi, bukan bagian-bagian.
b.
Implikasi
teori Piaget untuk pendidikan.
Para
pendidik memandang bahwa teori Piaget itu dapat dipakai sebagai dasar
pertimbangan guru di dalam menyusun struktur dan urutan mata pelajaran di dalam
kurikulum. Yang penting guru harus mengerti alam pikiran anak dan tradisinya
dari tingkat-tingkat perkembangan intelektual tersebut.
Strategi
belajar yang dikembangkan dari teori Piaget ialah menghadapkan anak dengan
sifat pandangan yang tidak logis (Siegel). Tipe kelas yang dikehendaki oleh
Piaget menekankan pada transmisi pengetahuan melalui metode ceramah-diskusi dan
mendorong guru untuk bertindak sebagai katalisator dan siswa belajar sendiri.
c.
Implikasi
“Discovery Learning” dari Burner.
1. Kenaikan
dari potensi intelektual menimbulkan harapan murid untuk sukses.
2. Dalam
Process of Education disebutkan juga tentang Spiral Curriculum.
3. Istilah
discovery learning sering diartikan sama dengan inquiry training atau problem
solving dan ketiganya sering dipakai secara bergantian.
4. Langkah-langkah
discovery learning menurut Taba (1963).
5. Contoh
metode discovery mengenai pengajaran bahasa tentang tipe-tipe dan aturan di
dalam bahasa.
6. Bruner
mengemukakan metode mengajar dengan discovery ini ia ingin memperbaiki
pengajaran yang selama ini hanya mengarah kepada menghafal fakta-fakta saja.
7. Pendukung
Bruner diantaranya ialah Postman dan Weingertner (1969) yang di dalam bukunya
“Teaching as a Subsersive Activity”.
8. Dalam praktek banyak cara untuk melakukan
discovery learning.
d.
Praktek
Ausubel : Expository Teaching.
1. Kebanyakan
ahli psikologi kognitif memilih bentuk discovery learning, tetapi para
behavirist memilih guided learning atau expository teaching.
2. Ausubel
menolak pernyataan Bruner yang menyatakan bahwa discovery learning itu dapat
menghasilkan suatu integrasi di dalam penggunaan pengetahuan yang lebih
teratur.
3. Ausubel
memberikan penjelasan bagaimana bisa terjadi belajar secara hafalan dan belajar
yang bermakna. Jika murid mencoba mencari kejelasan bahwa pelajaran, harus
belajar yang bermakna.
e.
Kesimpulan.
Dari
penyelidikan-penyelidikan tidak dapat ditarik kesimpulan metode mana yang
paling efektif. Hal itu sebenarnya tergantung pada : tujuan instruksionalnya,
sifat dan kecakapan murid, minat dan kecakapan guru di dalam mengajar (strategi
mengajar).
f.
Pemikiran
tentang Model Belajar Mengajar.
Teori
Piaget dibicarakan disini karena secara jelas teori itu ada interaksinya dengan
perbedaan individual, tujuan instruksional, prinsip belajar, dan metode
mengajar. Ada dua pendekatan tentang readiness, yaitu dari tingkat perkembangan
fungsi-fungsi kognitif dan pengetahuan anak daripada mata pelajaran. Metode
belajar discovery dan reception memberikan tambahan pengertian tentang
cara-cara untuk mencapai tujuan.
3.
Implikasi
Teori Belajar Humanistik.
a.
Guru
sebagai Fasilitator.
Psikologi
humanistik memberi perhatian atas guru sebagai fasilitator. Ini merupakan
ikhtisar yang sangat singkat dari beberapa guidelenes (petunjuk).
b.
Ciri-ciri
Humanistik mengenai Guru-guru yang Baik dan Kurang Baik.
Menurut
Hamacheek (1969), guru-guru yang efektif tampaknya adalah guru-guru yang
manusiawi. Guru yang tidak efektif jelas kurang memiliki rasa humor, mudah
menjadi tidak sabar, menggunakan komentar-komentar yang melukai dan mengurangi
rasa ego, kurang terintegrasi, cenderung bertindak agak otoriter, dan biasanya
kurang peka terhadap kebutuhan-kebutuhan siswa mereka.
Combs
dan kawan-kawan percaya bahwa apabila guru-guru merasa tentram terhadap diri
mereka sendiri dan terhadap kemampuan mereka, mereka akan dapat memberikan
perhatiannya kepada orang lain.
Guru-guru
yang percaya bahwa setiap siswa itu mempunyai kemampuan untuk belajar akan
mempunyai perilaku yang lebih positif terhadap siswa-siswa mereka.
c.
Guru-guru
yang sejati.
Mengajar
yang baik bukan sekedar persoalan teknik-teknik dan metodologi belajar saja.
Nasihat yang sering diberikan misalnya agar guru bertindak keras pada saat
permulaan. Ada beberapa mitos pengajaran yang telah berlaku beberapa generasi :
1) Guru
harus bersikap tenang.
2) Guru
harus dapat menyukai siswa-siswanya secara adil.
3) Guru
harus memperlakukan siswa-siswanya secara sama.
4) Guru
harus mampu menyembunyikan perasaannya.
5) Guru
diperlukan oleh siswa-siswanya.
6) Guru
harus dapat menjawab semua pertanyaan yang disampaikan oleh siswa-siswanya.
Hal
ini menimbulkan pengertian salah tentang guru, sehingga guru menghindarkan
situasi ini dengan tidak mau mengakui kesalahannya atau ketidaktahuannya.
Sesungguhnya guru adalah makhluk biasa.
d.
Aplikasi
Psikologi Humanistik pada Pendidikan.
Guru-guru
cenderung berpendapat bahwa pendidikan adalah pewarisan kebudayaan,
pertanggungjawab sosial, dan bahan pengajaran yang khusus. Pengembangan
nilai-nilai dan sikap pribadi yang dikehendaki secara sosial dan pemerolehan
pengetahuan yang luas tentang sejarah, sastra, dan pengolahan strategi berpikir
produktif.
Pendekatan
sistem (alternatif lain) mungkin saja direncanakan sehingga para siswa dapat
memilih suatu rencana pelajaran agar mereka dapat mencurahkan waktu mereka bagi
bermacam-macam tujuan belajar atau sejumlah pelajaran yang akan dipelajari atau
jenis-jenis pemecahan masalah dan aktivitas-aktivitas kreatif yang akan
dilakukan.
B.
Pembahasan
Dengan
pesatnya perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, maka perubahan-perubahan
pesat terjadi pula dalam bidang pendidikan, terutama pada kurikulum. Berbagai
peralatan teknologi elektronik serta komputer mulai banyak dipergunakan di
dalam proses belajar mengajar di sekolah-sekolah. Hal ini memunculkan
kekhawatiran akan diabaikannya psikologi dalam pendidikan.
Untuk
mengatasinya bisa dengan cara membawa anak didik kepada keaktifan yang lebih
tinggi, baik fisiologis maupun psikologis. Maka, sudah tiba masanya sekarang
dimana pendidikan hendaknya lebih melayani kebutuhan dan hakikat psikologi anak
didik.
Dalam
hal ini, penerapan psikologi terutama psikologi belajar memerlukan pemikiran
yang mendalam, agar pelayanan atau perlakuan pendidik terhadap anak didik
sesuai dengan sifat dan hakikat anak didik. Berdasarkan uraian di atas,
pengetahuan psikologis tentang anak didik menjadi hal yang sangat penting dalam
pendidikan.
Sudah
banyak ahli atau tokoh dunia dari zaman ke zaman yang telah mengungkap tentang
sifat-sifat dan hakikat manusia yang kupasannya terpusat pada pembahasan
mengenai psikologi dan kepribadian manusia.
Hakikat
kejiwaan manusia terwujud dengan adanya kekuatan-kekuatan serta aktivet-aktivet
kejiwaan dalam diri manusia, yang semua itu menghasilkan tingkah laku yang
lebih sempurna daripada makhluk-makhluk lain.
Pertumbuhan
pribadi sebagai perubahan kuantitatif pada material pribadi sebagai akibat dari
adanya pengaruh lingkungan. Dinyatakan dalam bentuk perubahan-perubahan yang
terjadi pada bagian-bagian material, akan tetapi pertumbuhan itu sendiri
mempunyai sifat kesatuan dan keumuman, dalam hal ini bagi suatu organisme.
Perkembangan
merupakan suatu perubahan yang bersifat kualitatif, yang ditekankan pada segi
material, melainkan pada segi fungsional. Perkembangan pribadi sebagai
perubahan kualitatif daripada setiap fungsi kepribadian akibat dari pertumbuhan
dan belajar.
Hereditas
dapat diartikan sebagai pewarisan atau pemindahan biologis karakteristik
individu dari pihak orang tuanya. Dalam hal ini terjadi melalui proses genetis,
yang berawal dari pertemuan antara kromosom ayah dan ibu. Akibatnya, terjadilah
perubahan sifat hereditas.
Lingkungan
itu sebenarnya mencakup segala material dan stimuli di dalam dan di luar diri
individu, baik yang bersifat fisiologis, psikologis, maupun sosio-kultural.
Kesamaan sifat dan penampakan seseorang dengan orang tuanya dapat terjadi
karena modifikasi sifat-sifat itu dengan lingkungan.
Belajar
merupakan proses dasar daripada perkembangan hidup manusia. Dengan belajar,
manusia melakukan perubahan-perubahan kualitatif individu sehingga tingkah
lakunya berkembang. Oleh karena itu, belajar berlangsung secara aktif dan
integratif dengan menggunakan berbagai bentuk perbuatan untuk mencapai suatu
tujuan. Sehingga tinjauan psikologis dalam belajar sangat penting dalam
membentuk karakter anak didik.
Dengan
berkembangnya psikologi dalam pendidikan, maka bersamaan dengan itu muncul pula
berbagai teori tentang belajar. Dalam setiap periode perkembangan aliran
psikologi tersebut muncul teori-teori tentang belajar.
Intelegensi
merupakan kemampuan “problem solving” dalam segala situasi yang baru atau yang
mengandung masalah. “Problem Solving” dalam segala situasi ini mencakup
permasalahan pribadi, permasalahan sosial, permasalahan akademik-kultural,
serta permasalahan ekonomi keluarga.
Perencanaan
yang didasarkan pada stail kognitif ini contoh/gambaran yang cukup jelas
tentang bagaimana perbedaan individu, dengan melalui modefikasi, dapat
membuahkan proses belajar-mengajar yang efektif.
Anak
didik memandang sekolah sebagai tempat mencari sumber “bekal” yang akan membuka
dunia bagi mereka. Agar dapat menolong anak ia harus dikenal dalam segala
aspeknya dan dalam konteks (situasi) hidupnya dimana ia hidup.
Kita
harus mengenal hal-hal yang umum yang terdapat pada semua anak, dan hal-hal
yang unik dan khusus. Hal-hal yang umum merupakan dasar dan norma yang akan
menolong pembimbimg mengetahui ciri-ciri dan unik pada tiap-tiap anak.
Masing-masing
individu mempunyai sejarah atau latar belakang perkembangan yang berbeda-beda
yang menyebabkan adanya pola pembentukan readiness yang berbeda-beda pula di
dalam diri masing-masing individu.
Readiness
seseorang itu senantiasa mengalami perubahan setiap hari sebagai akibat
daripada pertumbuhan dan perkembangan fisiologis individu serta adanya
desakan-desakan dari lingkungan seseorang itu. Apa yang telah terjadi pada saat
sekarang akan memberikan sumbangan terhadap readiness individu di masa
mendatang.
Orang
tua atau keluarga telah berusaha memotivasi belajar anak-anak mereka. Selain
itu juga, sekolah juga berusaha memberi motivasi tingkah laku manusia ke arah
perubahan tingkah laku yang diharapkan.
Dalam
usaha memotivasi siswa tersebut, tidak ada aturan-aturan yang sederhana. Oleh
karena itu, guru hendaknya mengetahui prinsip-prinsip motivasi yang dapat
membantu pelaksanaan tugas mengajarnya, meskipun tidak ada pedoman khusus yang
pasti.
Psikologi
humanistik memberi perhatian atas guru sebagai fasilitator. Banyak ahli
psikologi humanistik atau ahli psikologi perseptual membedakan guru-guru yang
efektif dan yang kurang efektif dengan menentukan apa yang mereka percayai
tentang konsep diri sendiri dan apa yang mereka percayai tentang orang lain.
Mengajar
yang baik bukan sekedar persoalan teknik-teknik dan metodologi belajar saja.
Sesungguhnya guru adalah makhluk biasa. Guru senang pada suatu pendekatan
sistematik yang memanfaatkan pengetahuan hasil penelitian pada kondisi-kondisi
belajar yang diperlukan bagi siswa untuk mencapai hasil yang telah ditentukan.
BAB III
KESIMPULAN
Psikologi
pendidikan sangat penting bagi pencapaian tujuan, sistem, fungsi dari
pendidikan itu sendiri sehingga tercapai sesuai yang diinginkan. Obyek yang
utama dalam pengembangan pendidikan adalah mutu anak didik dalam hal karakter
atau psikologinya. Sehingga, tingkah laku anak didik tersebut menjadi baik dan
pastinya akan membentuk karakter yang mempunyai landasan kerja pemimpin
pendidikan. Dalam hal ini guru berperan penting di dalam pembentukan psikologi
pendidikannya.
DAFTAR PUSTAKA
1. Anastasi,
Anne, Differential Psychology. New
York : Mac Millan, 1958.
2. Barr,
John, The Elementary Teacher and Guidance.
New York : Henry Holt & Co., 1958.
3. Battle,
J. A. & Shannon, Robert L., Gagasan
Baru dalam Pendidikan (terjemahan oleh : Sans S. Hutabarat). Jakarta :
MUTIARA, 1982.
4. Benson,
Clarence H. An Introduction to Child
Study. Chicago : Moody Press, 1942.
5. Buss,
Arnold. Psychology : man in perspective.
Toronto : John Wiley & Sons, Inc., 1973.
6. Breckenridge,
Marian E. & Lee, Vincant E., Child
Development; Physical and Psychologic Growth Through the School Years.
London : W. B. Saunders Company, t. Th.
7. Cronbach,
Lee J. Educational Psychology. New
Harcout, grace.
8. Crow,
Lester D. & Crow, Alice, Educational Psychology; Human Development and Learning.
9. Dembo,
Myron H. Teaching for Learning : Applying
Educational Psychology in the Classroom, California : Goodyear Publishing
Company, Inc., 1981.
10. Elkind,
David, A Sympathetic Understanding of the
Child Six to Sixteen. Boston : Allyn & Bacon, Inc., 1972.
11. English,
Harace B. & English, Ava L., A
Comprehensive Dictionary of Psychological and Psychoanalitical Terms.
12. Hillgard,
E. R. Theories of Learning. New York
: Appletton Century—Crofts, 1956.
13. Jersild,
A. J., Child Psychology. New York : Prentice—Hall, 1950.
14. Keller,
Fred S., Learning; Reinforcement Theory.
New York : Random House, Inc., 1954.
15. Kingsley,
Howard L. & Garry, Ralph, The Nature and
Condition of Learning. N. J. : Prentice-Hall, Inc. Engliwood Clifts, 1957.
16. Linchoten,
J. Pengantar dalam Ilnu Sejarah;
Ajaran Fungsi Umum. Malang : Lembaga Penerbitan IKIP Malang, 1969.
17. Mc
Donald, Rederick J., Educational
Psychology, San Fransisco : Wadsworth Publishing Company, Inc., t. Th.
18. Meenes,
Max, Studying and Learning. New York
: Random House. Inc. 1954.
19. Sargent,
Stanfeld, Basic Teachings of The Gread
Physichologist. New York : Barnest & Noble, Inc. t.th.
20. Scheinfeld,
Amran, The New You and Heredity. New
York J. B. Lippincott Company, t.th.
21. Soemanto,
Wasty, & Soetopo, Hendyat, Dasar dan
Teori Pendidikan Dunia; Tantangan bagi Para Pemimpin Pendidikan. Surabaya :
Usaha Nasional 1982.
22. Soeriyabrata,
Soenadi, Psikologi Pendidikan; Suatu
Penyajian secara Operasional, Jilid 1. Yogyakarta : Rake Press, 1980.
23. Soeryabrata,
Soenadi, Psikologi Pendidikan; Suatu
Penyajian secara Operasional, Jilid 2. Yogyakarta : Rake Press, 1981.
24. Whittaker,
James O., Introduction to Physichology.
Tokyo Toppan Company, Limited, 1970.
25. Wodworth,
R. S. & Marquis, D. G., Psychology
London Methuen, 1955.
26. Witherington,
H. C,, Educational Physicholoy : Pengantar Psikologi Pendidikan (Terjemahan
oleh M. Buchari) Jilid 2. Bandung : Penerbit “Jemmars, 1977”.
27. Witherington,
GC, Educational Physicholoy : Pengantar Psikologi Pendidikan (Terjemahan
oleh M. Buchari) Jilid 3. Bandung : Penerbit “Jemmars, 1977”.
28. Witherington,
H. C. Educational Physicholoy : Pengantar Psikologi Pendidikan (Terjemahan
oleh M. Buchari) Jilid 4. Bandung : Penerbit “Jemmars, 1978”.
29. Zeaman,
D. & Houuse, B. J. The Role of
Attention in Retardate Discrimination Learning, (Hanbook of Mental
Deficiency). New York : McGraw Hill, 1963.
Komentar
Posting Komentar